Karakter serat sansevieria cylindrica yang pretreatment dengan larutan peroksida / Rizqy Rachmadhona - Repositori Universitas Negeri Malang

Karakter serat sansevieria cylindrica yang pretreatment dengan larutan peroksida / Rizqy Rachmadhona

Rachmadhona, Rizqy (2019) Karakter serat sansevieria cylindrica yang pretreatment dengan larutan peroksida / Rizqy Rachmadhona. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rachmadhona Rizqy. 2019. Karakter Serat Sansevieria Cylindrica yang di Pretreatment dengan Larutan Peroksida. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Heru Suryanto S.T. M.T. Kata Kunci Sansevieria cylindrica pretreatment larutan peroksida selulosa Peningkatan penggunaan material berbasis serat alam yang dapat diperbaharui adalah salah satu isu penting untuk mengurangi penggunaan material berbasis serat sintesis yang dapat merusak lingkungan dan membawa pada perubahan iklim secara global. Serat alam yang digunakan pada penelitian adalah tanaman jenis Sansevieria cylindrica. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan cara membuat kondisi buatan (artificial condition) yang dilakukan oleh peneliti. Pretreatment atau perlakuan kimia merupakan sarana penting untuk meningkatkan kualitas akhir penggunaan seratnya. Pretreatment menggunakan larutan peroksida (H2O2) dilakukan untuk menentukan pengaruh variasi konsentrasi larutan H2O2 terhadap kekuatan tarik serat tunggal morfologi struktur dan gugus fungsi serat. Secara sederhana prosedur penelitiannya meliputi preparasi lima serat Sansevieria cylindrica dengan variasi konsentrasi 0% (kontrol) 2 5% 5% 7 5% dan 10%. Lalu serat di pretreatment dengan larutan peroksida dan aquades. Setelah itu serat dipanasakan dengan suhu 85 C selama 2 jam. Kemudian dipanaskan dan dikeringkan dengan oven bersuhu 80 C selama 3 jam. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu kekuatan tarik serat tunggal Sansevieria cylindrica tertinggi adalah 618 06 0 77 MPa dengan elongasi sekitar 6 17 1 28%. Morfologi serat Sansevieria cylindrica dikarakterisasi menggunakan SEM. Hasilnya penampang serat dengan H2O2 7 5% lebih bersih dan tampak jelas bentuk yang tidak teratur menyediakan batas sistem (interface) yang baik antara serat dan resin. Struktur serat Sansevieria cylindrica diperoleh dari uji XRD yang mengandung spektrum dua puncak. Puncak tertinggi diperoleh pada sudut 2 952 22 5 yang memiliki unit struktur selulosa I 946 berbentuk monoklinik. Gugus fungsi serat diperoleh dari uji FTIR dengan pita serapannya berkaitan dengan bilangan gelombang yang dihasilkan. Diperoleh bahwa serat Sansevieria cylindrica terdapat hemiselulosa lignin dan selulosa I 946 .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/98874

Actions (login required)

View Item View Item