Pengaruh variasi kecepatan ekstrusi terhadap karakter bioplastik berbasis blend karagenan dan tapioka yang diperkuat nanoclay / Didan Aditya Dwi Fitrasakti

Fitrasakti, Didan Aditya Dwi (2019) Pengaruh variasi kecepatan ekstrusi terhadap karakter bioplastik berbasis blend karagenan dan tapioka yang diperkuat nanoclay / Didan Aditya Dwi Fitrasakti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fitrasakti, Didan Aditya Dwi. 2019. Pengaruh Variasi Kecepetan Ekstrusi Terhadap Karakter Bioplastik Berbasis Blend Tapioka Dan Karagenan yang diperkuat Nanoclay. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Heru Suryanto, S.T, M.T Kata Kunci: bioplastik blend, kecepatan ekstrusi, karakter bioplastik. Plastik adalah salah satu penyumbang sampah sekaligus menjadi masalah yang sulit diselesaikan disetiap negara. Perkembangan ilmu pengetahuan tentang rekayasa material berkembang pesat dan menciptakan ide untuk membuat plastik yang ramah lingkungan dengan memanfaatkan material alam, hasil dari rekayasa ini yaitu bioplastik. Penelitian ini menggunakan metode ekstrusi untuk mencetak bioplastik berbahan matrik tapioka, karagenan dan nanoclay dengan memanfaatkan kecepatan proses ekstrusi dan temperatur ekstrusi 1200C. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter bioplastik yang divariasikan kecepatan proses ekstrusi. Karakter yang dilihat yaitu morfologi permukaan patahan, gugus fungsi, kekuatan mekanik dan struktur fasa kristal pada bioplastik. Hasil dari penelitian ini akan diolah menggunakan analisis deskriptif , karena bersifat eksperimental. Hasil penelitian membuktikan bahwa variasi kecepatan proses ekstrusi berpengaruh terhadap morfologi patahan, gugus fungsi, kekuatan tarik dan struktur fasa kristal bioplastik berbasis blend tapioka, karagenan dan nanoclay. Hasil SEM menunjukkan analisis morfologi permukaan pada setiap sampel tidak terjadi void.Untuk variasi 0,55 gr/min patahan yang terjadi adalah merata di sisi lain variasi 1,35 gr/min patahan ulet terlihat pada bagian tepi bioplastik dan variasi 2,6 gr/min terdapat gumpalan kecil dan terjadi sedikit retakan. Pada gugus fungsi terrjadi pergeseran pada beberapa bilangan gelombang, dan perbedaan intensitas. Hal ini diakibatkan oleh pencampuran antara matrik bioplastik yang dipengaruhi oleh ikatan hidrogen. Untuk kekuatan mekanik mendapatkan nilai berturut-turut pada variasi kecepatan ekstrusi 0,55; 1,35; dan 2,6 gr/min yaitu 2,43; 2,48 dan 2,42 MPa. Sedangkan pada struktur fasa kristal ditemukan puncak tertinggi pada variasi kecepatan 0,55 gr/min pada sudut 2θ sebesar 20,550dengan intensitas sebesar 197. Pergeseran tersebut diebabkan struktur yang tereksfoliasi dan ini dapat dihubungkan dengan kecepatan ekstrusi, bahwa semakin cepat proses ekstrusi akan merusak struktur dari bioplastik tersebut karena terkena gaya tekan yang besar. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan untuk membuat bioplastik sebagai bahan baku kemasan. Namun perlu dilakukan penelitian lebih lanjut pada daya biodegradable untuk mengetahui berpaa lama waktu yang dibutuhkan plastik dapat terurai secara alami. Perlu dilakukan sintesis dengan material lain agar bioplastik tidak menyerap air pada suhu ruang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/98873

Actions (login required)

View Item View Item