Stra, One Disc (2019) Pengaruh variasi penghambatan retak terhadap kasus retak pada original frame dan improve frame dump truck kapasitas 72 ton dengan menggunakan metode elemen hingga / One Disc Stra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Stra One Disc. (2019). Pengaruh Variasi Penghambatan Retak Terhadap Kasus Retak Pada Original Frame Dan Improve Frame Dump Truck Kapasitas 72 Ton Dengan Menggunakan Metode Elemen Hingga. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing skripsi (1) Dr. Andoko. S.T. M.T (2) Rr. Poppy Puspitasari. S.Pd. M.T. Ph.D Kata Kunci Frame Dump Truck Teknik Penghambat Retak Metode Elemen Hingga Frame dump truck adalah salah satu komponen dari dump truck yang mempunyai fungsi penting untuk menahan atau memikul semua beban dalam kendaraan baik itu penumpang mesin sistem kemudi dan segala peralatan kenyamanan semuanya diletakan di atas rangka. Ketika komponen ini mengalami retak alangkah baiknya tindakan awal yang harus dilakukan adalah dengan menghambat retak tersebut. Penggunaan teknik penghambatan retak bertujuan agar tegangan yang tinggi akibat retak dapat diturunkan sehingga bisa menghambat terjadinya kegagalan pada komponen mesin. Adapun teknik penghambatan retak salah satunya adalah teknik stop drill hole (SDH) cara pengaplikasiannya dengan cara pemberian lubang diujung retak. Lubang (hole) berfungsi mengurangi tegangan tinggi karena retak yang tajam pada komponen frame dump truck. Teknik stop drill hole dilakukan dengan variasi lubang diameter 1 mm 2 mm 3 mm dan 4 mm kemudian divariasikan juga dengan diberi penambahalan komposit. Komposit yang digunakan adalah jenis komposit yang telah tersedia pada software metode elemen hingga. Untuk jenis komposit ada dua jenis komposit yang digunakan yaitu Epoxy Carbon UD (230 Gpa) Prepeg dan Resin Polyester. Hasil simulasi menunjukan bahwa Untuk tegangan awal 470 99 MPa. Ketika diberi penghambat retak stop drill hole diameter 1 mm sampai 4 mm turun menjadi 160 65 MPa 162 05 MPa 162 16 MPa dan 164 88 MPa. Untuk variasi penghambat retak kombinasi dengan komposit 1 yaitu Epoxy carbon nilai tegangan turun menjadi 161 92 MPa 161 96 MPa 162 07 MPa dan 164 63 MPa. Sedangkan untuk pengaruh kombinasi komposit 2 yaitu Resin polyester nilai tegangan turun menjadi 162 MPa 162 03 MPa 162 13 MPa dan 164 86 MPa. Pada hasil tersebut ternyata penggunaan diameter semakin besar maka tegangan juga meningkat maka dapat disimpulkan bahwa lebih baik menggunakan teknik stop drill hole dengan diameter kecil. Bisa menggunakan diameter 1 mm dan 2 mm itu berlaku juga untuk variasi dengan penambalan komposit.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Teknik Mesin |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Aug 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/98870 |
Actions (login required)
View Item |