Yantias, Susi Budi Utami (2010) Pengembangan strategi domino dalam pembelajaran menulis cerpen siswa kelas X SMA Islam Malang tahun pelajaran 2008/2009 / Susi Budi Utami Yantias. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Yantias Susi Budi Utami Yuli. 2009. Pengembangan Strategi Domino dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA Islam Malang Tahun Pelajaran 2008/2009. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. H. A. Syukur Ghazali M.Pd Kata Kunci pengembangan strategi Domino pembelajaran menulis cerpen. Menulis cerpen adalah salah satu kompetensi dasar yang tertuang dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk bidang kesastraan khususnya pada pengajaran apresiasi prosa yang harus dikuasai siswa SMA kelas X. Dalam hal ini siswa harus mampu menciptakan sendiri karya sastra melalui kegiatan menulis karangan berdasarkan pengalaman orang lain dalam bentuk cerpen. Bagi guru pembelajaran menulis cerpen selama ini dianggap kurang berhasil karena butir-butir pembelajaran yang berkaitan dengan cerpen sulit untuk dikembangkan. Hal tersebut diakibatkan oleh pola pembelajaran yang digunakan oleh guru masih bersifat umum atau konvensional. Bagi siswa pembelajaran menulis cerpen hanya untuk siswa yang menyenanginya saja sehingga yang lain merasa jenuh dan terbebani. Latar belakang inilah yang mendasari penelitian dengan judul Pengembangan Strategi Domino dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA Islam Malang Tahun Pelajaran 2008/2009. Penelitian ini dilakukan untuk (1) merancang produk awal pengembangan model strategi Domino dalam pembelajaran menulis cerpen (2) menguji coba produk awal dan (3) merevisi produk pengembangan model stategi Domino dalam pembelajaran menulis cerpen siswa SMA kelas X. Metode penelitian ini menggunakan rancangan pengembangan yaitu mengembangkan suatu model strategi pembelajaran dalam kegiatan menulis cerpen yang berwujud game atau permainan. Model strategi yang dikembangkan menggunakan permainan kartu domino. Pengembangan model strategi Domino dalam pembelajaran menulis cerpen diaplikasikan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar kegiatan siswa (LKS). Untuk menghasilkan produk yang efektif dan efisien maka produk tersebut diuji coba. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah uji ahli uji praktisi dan uji lapangan. Uji ahli melibatkan salah satu dosen ahli pembelajaran sastra. Uji praktisi melibatkan salah satu guru Bahasa dan Sastra Indonesia dari sekolah yang ditunjuk. Uji lapangan melibatkan siswa kelas X-E SMA Islam Malang sebanyak 35 orang. Hasil penelitian pengembangan model strategi Domino dalam pembelajaran menulis cerpen siswa SMA kelas X menunjukkan bahwa (1) strategi Domino dalam pembelajaran menulis cerpen terbagi menjadi tiga kegiatan yaitu kegiatan awal/pendahuluan kegiatan inti dan kegiatan akhir/penutup. Pada kegiatan awal guru melakukan kegiatan pemodelan dengan cara membaca model cerpen sehingga guru dapat melakukan proses interaktif antara guru-siswa siswa dengan siswa. Pada kegiatan inti guru melakukan proses pembelajaran yang inspiratif dengan model strategi Domino yang berwujud game atau permainan yang memanfaatkan kartu domino sehingga guru dapat memberikan kesempatan pada siswa untuk moncoba dan melakukan sesuatu. Permainan kartu domino ini digunakan untuk tahap penentuan tema tokoh latar dan tahap pembuka cerpen. Dalam kegiatan inti guru menekankan pada siswa untuk melakukan diskusi kelompok. Pada kegiatan akhir guru melakukan penilaian pemublikasian hasil cerpen dan refleksi (2) strategi Domino sangat efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran menulis cerpen terbukti siswa mampu menulis cerpen dengan baik. Dalam hal ini siswa mampu menulis cerpen dengan memilih dan mengembangkan tema berdasarkan ruang lingkup persoalan dalam kehidupan yang berbeda sehingga hasil cerpen siswa sangat bervariasi (3) strategi Domino sangat membantu siswa pada tahap pemilihan dan pengembangan tema tokoh alur latar dan sudut pandang (4) dilihat dari pelaksanaannya strategi Domino ini sangat praktis dan (5) strategi Domino ini mampu menciptakan suasana yang menyenangkan bagi siswa dan dapat memotivasi siswa untuk belajar menulis cerpen. Kendala dari strategi Domino ini adalah pengalokasian waktu kurang teratur sehingga tugas-tugas harus diselesaikan sebagai tugas pekerjaan rumah (PR). Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan bagi guru pengajar Bahasa dan Sastra Indonesia yaitu (1) supaya guru dapat melaksanakan pembelajaran menulis kreatif khususnya pembelajaran menulis cerpen secara bervariasi dan terpadu serta memberi motivasi kepada siswa untuk berlatih menulis cerpen agar pembelajaran menulis cerpen tidak dianggap sulit dan menjemukan sehingga mendapatkan hasil yang optimal dan (2) berdasarkan hasil penelitian guru disarankan dapat menggunakan model strategi Domino dalam pembelajaran menulis kreatif selain menulis cerpen misalnya pada pembelajaran menulis dongeng menulis naskah drama dan menulis deskriptif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PIN Indonesian Literature |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Mar 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9887 |
Actions (login required)
View Item |