Optimasi desain turbin angin Darrieus-h pada airfoil NACA 0015 dengan variasi kecepatan angin jumlah sudu dan sudut serang menggunakan CFD dan RSM / Achmad Bagus Budiearso

Budiearso, Achmad Bagus (2019) Optimasi desain turbin angin Darrieus-h pada airfoil NACA 0015 dengan variasi kecepatan angin jumlah sudu dan sudut serang menggunakan CFD dan RSM / Achmad Bagus Budiearso. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Budiearso, Achmad, Bagus. 2019. Optimasi Desain Turbin Angin Darrieus-H pada Airfoil NACA 0015 Dengan Variasi Kecepatan Angin, Jumlah Sudu dan Sudut Serang Menggunakan Computational Fluid Dynamics (CFD) dan Respone Surface Metodology (RSM). Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dr. Sukarni, S.T., M.T, (II) Avita Ayu Permanasari, S.T., M.T. Kata Kunci: Darrieus-H, Airfoil NACA 0015, Sudut Serang, CFD, RSM Energi angin merupakan salah satu energi alternatif yang dapat dengan cepat diproses kembali oleh alam. Energi angin dirubah menjadi energy listrik menggunakan turbin angin. Turbin angin sumbu vertical merupakan jenis turbin angin yang dapat berputar pada kecepatan rendah dan mampu menerima angin dari segala arah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh dari variasi kecepatan angin, jumlah sudu dan sudut serang terhadap unjuk kerja turbin angin serta bertujuan untuk mengetahui variasi mana yang paling efektik dalam mengekstrak energi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental semu pada objek penelitian berupa turbin angin sumbu vertical tipe Darrieus-H Airfoil NACA 0015 dengan variasi kecepatan angin yaitu 3, 5 dan 15 m/s. Variasi jumlah sudu sebanyak 3, 4, dan 5 buah, serta sudut serang 5, 15 dan 25º. Data hasil penelitian didapatkan dengan cara melalukan simulasi dengan bantuan software ANSYS 17.0 dan optimasi dengan menggunakan metode RSM (Respone Surface Metodology) pada software Minitab.Hasil luaran dari penelitian ini yaitu nilai daya, torsi, kecepatan tangensial dan efisiensi yang dihasilkan oleh turbin angin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecepatan angin, jumlah sudu dan sudut serang sangat berpengaruh pada unjuk kerja turbin angin. Pada penelitian ini didapatkan bahwa dari hasil optimasi pengujian pertama, turbin angin dengan kecepatan angin 5m/s adalah yang paling optimum. Dari hasil optimasi pengujian kedua didapatkan bahwa jumlah sudu sebanyak 3 buah dan sudut serang dengan 11º adalah desain sudu yang paling optimum, yang memiliki efisiensi sebesar 5,3889%. Model sudu tersebut dapat dikatakan desain sudu yang paling optimum sebab memiliki efisiensi paling besar pula diantara variasi yang lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/98865

Actions (login required)

View Item View Item