Pengaruh penambahan jumlah bucket (double hemispherical cup) dan jarak nozzle terhadap kinerja prototype turbin pelton / Achmilda Cahya Hutama

Hutama, Achmilda Cahya (2020) Pengaruh penambahan jumlah bucket (double hemispherical cup) dan jarak nozzle terhadap kinerja prototype turbin pelton / Achmilda Cahya Hutama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Hutama,Achmilda Cahya. 2019 Pengaruh Penambahan Jumlah Bucket (Double Hemispherical Cup) dan Jarak Nozzle terhadap Kinerja Prototype Turbin Pelton. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Retno Wulandari S.T., M.T. (II) Avita Ayu Permanasari S.T., M.T. Kata Kunci : Turbin Pelton, Pengaruh Jumlah Bucket, Double Hemispherical Cup, Jarak Nozzle. Salah satu mesin yang digunakan dalam membantu dan meringankan kehidupan manusia adalah turbin. Turbin digunakan sebagai salah satu komponen mesin untuk membangkitkan atau menghasilkan arus listrik. Prototype turbin Pelton ini dapat dilakukan guna memperoleh nilai daya dan efisiensi yang diharapkan, serta memunculkan berbagai inovasi yang bertujuan untuk generasi energi terbarukan seperti saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jumlah bucket double hemispherical cup dan jarak nozzle terhadap nilai torsi, daya poros dan efisiensi mekanik dari kinerja protoype turbin Pelton. Metode penelitian ini merupakan jenis eksperimental nyata (true experimental research) dengan memvariasikan penggunaan jumlah bucket sebesar 19, 21 dan 23 sedangkan untuk jarak nozzle yaitu 40 mm, 45 mm dan 50 mm. Variabel terikat adalah nilai torsi, daya poros dan nilai efisiensi mekanik, dengan variasi terkontrol yaitu debit 0,15 ℓ/s dan jumlah nozzle yang digunakan dua. Hasil dari penelitian ini menunjukkan nilai torsi pada variasi jumlah bucket 23 merupakan yang tertinggi dari pada variasi jumlah bucket lainnya dengan nilai sebesar 0,551 Nm. Daya poros yang dihasilkan dalam penelitian diperoleh nilai tertinggi pada variasi jumlah bucket 23 dengan jarak nozzle 50 mm. Bucket 23 dengan jarak nozzle 50 mm memperoleh nilai efisiensi tertinggi yang dihasilkan kinerja prototype turbin Pelton, dengan nilai efisiensi mekanik yang dihasilkan sebesar 36,384%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa semakin bertambah jumlah bucket dan semakin jauh jarak nozzle maka nilai efisiensi mekanik akan semakin besar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/98863

Actions (login required)

View Item View Item