Pengaruh alumunium austenitik type 304 terhadap sistem intake dan emisi gas buang pada Yamaha MT-25 250 CC/ Digyo Akbar Muntaha

Muntaha, Digyo Akbar (2020) Pengaruh alumunium austenitik type 304 terhadap sistem intake dan emisi gas buang pada Yamaha MT-25 250 CC/ Digyo Akbar Muntaha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Muntaha, Akbar, Digyo. 2019. Pengaruh Alumunium Austenitik Type 304 Terhadap Sistem Intake Dan Emisi Gas Buang Pada Yamaha MT-25 250 cc. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sumarli, M.Pd, M.T., (II) M. Ihwanudin, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: filter udara, sistem intake, emisi gas buang Semakin banyaknya pengguna kendaraan bermotor peningkatan pencemaran udara semakin tinggi hal tersebut disebabkan emisi gas buang yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor yang disebabkan oleh proses pembakaran yang kurang sempurna. Penggunaan filter udara dengan bahan yang sesuai dapat mengurangi emisi gas buang dan membuat proses pembakaran menjadi lebih sempurna. Jenis-jenis bahan filter udara terbuat dari bahan busa, kertas, kain, dan alumunium austenitik type 304. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh filter udara berbahan busa, kertas, kain, dan alumunium austenitik type 304 terhadap sistem intake untuk tekanan udara masuk dan temperatur udara masuk, serta emisi gas buang jenis HC dan CO pada sepeda motor Yamaha MT-25 250cc. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian true experimental design. Variabel bebas pada penelitian ini berupa bahan filter udara (busa, kertas, kain, dan alumunium austenitik type 304) dan variabel terikat berupa sistem intake berupa tekanan udara masuk dan temperatur udara masuk dan emisi gas buang jenis CO dan HC. Objek yang digunakan pada penelitian ini adalah sepeda motor Yamaha MT-25 250cc. Teknik analisis penelitian ini dailakukan dengan metode statistik uji F dengan menggunakan one way ANOVA dengan bantuan software IBM SPSS for windows. Sesuai dengan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: (1) Tidak ada pengaruh yang signifikan tekanan udara masuk pada sepeda motor Yamaha MT-25 250cc dengan menggunakan filter udara berbahan busa, kertas, kain, dan alumunium austenitik type 304. (2) Ada pengaruh yang signifikan temperatur udara masuk pada sepeda motor Yamaha MT-25 250cc dengan menggunakan filter udara berbahan busa, kertas, kain, dan alumunium austenitik type 304. (3) Tidak ada pengaruh yang signifikan emisi gas buang CO pada sepeda motor Yamaha MT-25 250cc dengan menggunakan filter udara berbahan busa, kertas, kain, dan alumunium austenitik type 304. (4) Tidak ada pengaruh yang signifikan emisi gas buang HC pada sepeda motor Yamaha MT-25 250cc dengan menggunakan filter udara berbahan busa, kertas, kain, dan alumunium austenitik type 304. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa penggunaan filter udara berbahan busa, kertas, kain, dan alumunium austenitik type 304 hanya berpengaruh terhadap temperatur udara masuk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/98857

Actions (login required)

View Item View Item