Hubungan bimbingan karir dan kemampuan praktik teknik pemesinan terhadap kesiapan kerja peserta didik kompetensi keahlian teknik pemesinan SMKN 1 Purwosari Kabupaten Pasuruan / Teguh Setyawan

Setyawan, Teguh (2020) Hubungan bimbingan karir dan kemampuan praktik teknik pemesinan terhadap kesiapan kerja peserta didik kompetensi keahlian teknik pemesinan SMKN 1 Purwosari Kabupaten Pasuruan / Teguh Setyawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Setyawan, Teguh. 2019. Hubungan Bimbingan Karir dan Kemampuan Praktik Teknik Pemesinan terhadap Kesiapan Kerja Peserta Didik Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan SMKN 1 Purwosari Kabupaten Pasuruan. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sunomo, M.Pd., (II) Drs. Wahono, M.Pd. Kata Kunci : Bimbingan karir, Kemampuan Praktik, Kesiapan Kerja Sesuai dengan misi utama didirikannya SMK adalah untuk menyiapkan peserta didik secara aktif mengembangkan potensi yang dimilikinya sehingga peserta didik mampu menjadi tenaga kerja yang berkualitas. Hal ini dapat diukur dalam pelaksanaan kegiatan bimbingan karir dan kemampuan praktik yang dimiliki sehingga peserta didik memiliki kesiapan kerja yang maksimal. Kesiapan kerja merupakan indikator penting untuk peserta didik agar bisa memiliki kehidupan yang layak dan sesuai yang diharapkan kelak setelah lulus dari dunia pendidikan sekolah menengah kejuruan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Mengetahui hubungan dari pelaksanaan bimbingan karir terhadap kesiapan kerja peserta didik kompetensi keahlian Teknik Pemesinan SMKN 1 Purwosari Kabupaten Pasuruan, (2) Mengetahui hubungan dari kemampuan praktik teknik pemesinan terhadap kesiapan kerja peserta didik kompetensi keahlian Teknik Pemesinan SMKN 1 Purwosari Kabupaten Pasuruan, (3) Mengetahui hubungan dari pelaksanaan bimbingan karir dan kemampuan praktik teknik pemesinan terhadap kesiapan kerja peserta didik kompetensi keahlian Teknik Pemesinan SMKN 1 Purwosari Kabupaten Pasuruan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dan sampel ini ialah siswa kelas XII kompetensi keahlian Teknik Pemesinan di SMKN 1 Purwosari Kabupaten Pasuruan. Variabel yang diteliti ialah bimbingan karir, kemampuan praktik dan kesiapan kerja. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data angket tertutup dan dokumentasi berupa data nilai rerata mata pelajaran praktikum mesin bubut dan frais. Data yang dikumpulkan lalu dilakukan analisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, syarat analisis regresi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian dari analisis deskriptif diperoleh: (1) bimbingan karir peserta didik memiliki kecenderungan masuk pada kriteria tinggi, (2) kemampuan praktik seluruh peserta didik termasuk pada kriteria sangat tinggi, (3) kesiapan kerja peserta didik memliki kencenderungan masuk pada kriteria tinggi. Dari hasil pengujian syarat analisis regresi diperoleh: (1) data berdistribusi normal, (2) tidak terjadi multikolinieritas, (3) tidak terjadi heterokedastisitas. Terakhir dari hasil uji hipotesis diperoleh: (1) terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara bimbingan karir terhadap kesiapan kerja, (2) terdapat hubungan yang signifikan dan negatif antara kemampuan praktik terhadap kesiapan kerja, (3) terdapat hubungan yang signifikan dan positif secara simultan antara bimbingan karir dan kemampuan praktik terhadap kesiapan kerja peserta didik. Berdasarkan temuan hasil analisis penelitian, maka peneliti memberikan saran yaitu: (1) bagi kepala sekolah untuk memberikan kebijakan-kebijakan secara langsung dan seluas-luasnya pada guru dan melengkapi fasilitas belajar mata pelajaran produktif agar peserta didik memiliki kesiapan kerja yang cukup untuk terjun di dunia kerja, (2) bagi guru agar mampu mengembangkan pelayanan bimbingan karir maupun metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif berbasis IPTEK serta mengarah pada persiapan menghadapi era revolusi industri 4.0, (3) guru harus aktif memberikan motivasi, informasi perkembangan karir, dan arahan kepada peserta didik agar potensi yang dimiliki mampu dikembangkan secara maksimal sebelum memasuki dunia kerja, (4) bagi siswa agar mampu menumbuhkan sikap positif, disiplin, tanggung jawab, serta aktif mencari informasi perkembangan karir maupun keterampilan praktik sehingga mampu menjadi tenaga kerja yang terampil dan profesional, (5) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi referensi dan bahan pertimbangan penelitian sejenis dan mampu melibatkan lebih banyak lagi responden sebagai sampel penelitian serta mampu mempelajari terlebih dahulu tentang keefektifan proses kegiatan bimbingan karir secara konvensional pada era digital saat ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/98856

Actions (login required)

View Item View Item