Sintesis dan karakterisasi material magnetik Nickel Oxide (NiO) menggunakan metode sol-gel dengan variasi waktu stirring / David Revangga

Revangga, David (2020) Sintesis dan karakterisasi material magnetik Nickel Oxide (NiO) menggunakan metode sol-gel dengan variasi waktu stirring / David Revangga. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Revangga, David. 2019. Sintesis dan Karakterisasi Material Magnetik Nickel Oxide (NiO) Menggunakan Metode Sol-Gel dengan Variasi Waktu Stirring. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Rr. Poppy Puspitasari, S.Pd. M.T. Ph.D., (2) Dr. HeruSuryanto, S.T., M.T. Kata Kunci: Nickel Oxide (NiO), Metode Sol-Gel, Variasi Waktu Stirring. Sintesis nanopartikel Nickel Oxide (NiO) telah dilakukan dengan metode sol-gel menggunakan nickel (II) nitrate hexahydrate (Ni (NO3)2.6H2O) sebagai prekursor dan ethylene glicol (C2H6O7) sebagai pelarut. Larutan yang terbentuk kemudian akan diaduk dengan menggunakan 3 varias iwaktu yaitu 30 menit, 60 menit dan 120 menit. Kemudian sampel akan dikeringkan pada suhu 100 oCselama 24 jam dan dilanjutkan dengan proses kalsinasi menggunakan furnace pada suhu 400 oC.NanopartikelNiO yang dihasilkan kemudian akan dikarakterisasi menggunakan XRD, SEM, dan VSM. Hasil XRD menunjukan bahwasemua sampel nanopartikel NiO memiliki struktur kristal berbentuk kubik dengan ukuran kristal pada variasi waktu stirring 30 menit, 60 menit dan 120 menit secara berurutan adalah 48.47 nm, 39.64 nm, 19.73 nm. Sehingga terjadi hubungan bahwa semakin lama waktu stirring akan menghasilkan ukuran kristal nanopartiel NiO yang semakin kecil. Pengujian SEM menunjukkan bahwa semua sampel nanopartikel NiO memiliki partikel berbentuk bulat, kasar, dan menggumpal. Semakin lama waktu stirring gumpalan partikel pada permukaan sampel nanopartikel NiO akan semakin berkurang. Hasil VSM menunjukan bahwa semua sampel NiO bersifat superparamagnetik. Semakin lama waktu stirring sampel NiO maka sifat magnetik yang dimiliki akan semakin kuat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin lama waktu stirring dalam sintesis material NiO menggunakan metode sol-gel maka akan menghasilkan ukuran kristal material yang semakin kecil dan butir yang tidak menggumpal. Kekuatan magnet dari sampel juga akan meningkat seiring dengan semakin lamanya waktu stirring pada sampel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/98855

Actions (login required)

View Item View Item