Pengaruh temperatur cetakan terhadap kekuatan tarik dan porositas aluminium paduan (AL-ZN) hasil vacuum casting / Jalu Zulfikar

Zulfikar, Jalu (2020) Pengaruh temperatur cetakan terhadap kekuatan tarik dan porositas aluminium paduan (AL-ZN) hasil vacuum casting / Jalu Zulfikar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Zulfikar, Jalu. 2019. Pengaruh Temperatur Cetakan terhadap Kekuatan Tarik dan Porositas Aluminium Paduan (Al-Zn) Hasil Vacuum Casting. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Aminnudin, S.T., M.T., (II) Yanuar R.A.P, S.T., M.Sc. Kata Kunci: Temperatur Cetakan, Uji Tarik, Mikrostruktur, Aluminium, Vacuum Casting Industri otomotif Indonesia telah memberikan dampak dalam sektor pengembangan dalam bidang manufaktur. Perkembangan manufaktur meningkatkan kualitas produk di bidang otomotif terutama setang piston, produk dibuat menggunakan metode vacuum casting dengan variasi temperatur cetakan. Produk akan mengalami peningkatan kekuatan tarik terhadap beban akibat memiliki butiran halus / kecil yang menimbulkan banyak batas butir untuk mengurangi terjadinya dislokasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh temperatur cetakan terhadap kekuatan tarik dan nilai porositas aluminium paduan (Al-Zn) dengan metode pengecoran vakum. Penelitian ini meliputi variabel bebas yaitu variasi temperatur cetakan 80; 130; dan 180 °C dan variabel terikat yaitu pengujian tarik dan pengujian porositas dengan hukum Archimedes, kemudian hasil penelitian disimpulkan dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil eksperimen menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil kekuatan tarik dan nilai porositas. Pada temperatur cetakan 180 °C didapatkan kekuatan tarik optimal sebesar 92,334 MPa. Kekuatan tarik pada temperatur cetakan 130 °C didapatkan kekuatan tarik optimal sebesar 128,863 MPa. Kemudian kekuatan tarik pada temperatur cetakan 80 °C didapatkan kekuatan tarik optimal sebesar 138,406 MPa. Untuk nilai porositas optimal pada temperatur cetakan 180 °C didapatkan 1,226 %. Pada temperatur cetakan 130 °C didapatkan nilai porositas optimal sebesar 2,739 %. Kemudian nilai porositas optimal pada temperatur cetakan 80 °C sebesar 3,94 %. Kesimpulan yang didapat ialah terdapat pengaruh variasi temperatur cetakan terhadap kekuatan tarik dan nilai porositas. Semakin tinggi temperatur cetakan maka nilai kekuatan tarik dan nilai porositas semakin rendah, hal ini dipengaruhi oleh ukuran butir yang terdapat pada material.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/98854

Actions (login required)

View Item View Item