Analisis performa pada mesin diesel menggunakan campuran bahan bakar solar dan biodiesel minyak jelantah dengan Nanodopped NiO / Dwi Istaka

Istaka, Dwi (2020) Analisis performa pada mesin diesel menggunakan campuran bahan bakar solar dan biodiesel minyak jelantah dengan Nanodopped NiO / Dwi Istaka. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Istaka, Dwi.2019. Analisis Performa pada Mesin Diesel Menggunakan Campuran Bahan Bakar Solar dan Biodiesel Minyak Jelantah dengan Nanodopped NiO. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sukarni, M.T., (II) Avita Ayu Permanasari, S.T.,M.T. Kata Kunci : Biodiesel, minyak jelantah, nanopartikel NiO, performa mesin diesel. Persediaan bahan bakar fosil saat ini semakin menipis dan tidak lama lagi akan habis dikarenakan kebutuhan manusia akan energi semakin meningkat. Tahun 2016 kebutuhan bahan bakar minyak mencapai 47% dengan konsumsi sektor transpotasi 42% dan sektor industri 36%, sehingga pemerintah melakukan upaya mengendalikan penggunaan bahan bakar minyak dengan peraturan yang berisi penggunaan bahan bakar alternatif terbarukan yakni biodiesel. Biodiesel merupakan bahan bakar alternatif karena memiliki sifat fisika kimia yang tidak terlalu berbeda dari solar dan berasal dari minyak hewani atau minyak tumbuhan. Penelitian ini menggunakan biodiesel dari minyak jelantah karena ketersediaan minyak jelantah melimpah serta termasuk limbah minyak tumbuhan, kemudian biodiesel digunakan sebagai campuran biodiesel solar (B20) dan ditambakan nanopartikel NiO dengan kadar 25 ppm, 50 ppm, 75 ppm pada setiap liter bahan bakar untuk meningkatkan kinerja bahan bakar. Tujuan penelitian untuk mengetahui potensi bahan bakar B20 dengan tambahan nanopartikel NiO pada performa mesin diesel. Ditinjau dari beberapa parameter performa mesin diesel yang dihasilkan diantaranya torsi, high heat value, low heat value, konsumsi bahan bakar, dan putaran poros kemudian hasil tinjauan tersebut digunakan untuk menentukan perhitungan daya efektif, konsumsi bahan bakar spesifik, efisiensi termal efektif. Dari pengujian pada mesin diesel didapatkan data performa menggunakan bahan bakar B20 tambahan nanopartikel NiO dengan acuan kecepatan poros 1000, 1500, 2000, 2500 rpm. Pada prestasi torsi terbaik didapatkan oleh B20 tambahan 75 ppm NiO dengan mencapai 18 kg.m pada putaran poros 2000 rpm, daya efektif tertinggi didapatkan B20 75 ppm dengan 52 PS, konsumsi bahan bakar spesifik terbaik didapatkan B20 75 ppm dengan 0,372 kg/PS.jam dan efisiensi termal B20 tambahan 75 ppm NiO mencapai 20,1 persen. Dari hasil data tersebut disimpulkan bahwa bahan bakar mengalami peningkatan performa pada setiap penambahan kadar nanopartikel hal ini dipengaruhi oleh nilai konduktivitas termal dan reaktivitas kimia dari nanopartikel NiO yang tinggi sehingga mempengaruhi proses laju pembakaran dan karakteristik biodiesel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/98851

Actions (login required)

View Item View Item