Analisis kinerja turbin angin savonius overlap bertingkat dengan deflektor pada rotor bawah dan variasi sudut efektif pada rotor atas / Aldi Rifqi Hidayat

Hidayat, Aldi Rifqi (2019) Analisis kinerja turbin angin savonius overlap bertingkat dengan deflektor pada rotor bawah dan variasi sudut efektif pada rotor atas / Aldi Rifqi Hidayat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Hidayat, Aldi Rifqi. 2019. Analisis Kinerja Turbin Angin Savonius Overlap Bertingkat dengan Penambahan Deflektor pada Rotor Bawah dan Variasi Sudut Efektif pada Rotor Atas. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Retno Wulandari S.T., M.T., (II) Avita Ayu Permanasari S.T., M.T. Kata Kunci: kinerja turbin, turbin angin Savonius, deflektor, sudut efektif rotor. Turbin angin Savonius merupakan mesin konversi energi yang mengubah potensi energi angin menjadi putaran, bersumbu vertikal dengan menggunakan prinsip drag force pada setiap sudunya. Peningkatan kinerja turbin angin dapat menggunakan deflektor dan pasangan sudut efektif. Deflektor merupakan pisau tandem pengarah angin dengan arah tangensial atau melingkar, sedangkan pasangan sudut efektif merupakan pasangan tiga sudu bersudut berbeda yang mempunyai kinerja optimal dengan adanya overlap atau celah sempit di antara tiga sudu atau di tengah rotor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja turbin angin Savonius overlap bertingkat dengan penambahan deflektor dan variasi sudut efektif sudu. Kinerja turbin angin yang dianalisis meliputi daya output, torsi, dan efisiensi. Metode penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif secara true-experimental research dengan metode analisis deskriptif untuk memverifikasi hasil dari beberapa perbandingan sudut deflektor dan pasangan sudut efektif. Variabel bebas pada penelitian ini adalah sudut deflektor sebesar 20o, 45o, dan 70o, enam pasangan sudut efektif sudu atas dan kecepatan angin 5 dan 7 m/s. Variabel terikatnya adalah daya output, torsi dan efisiensi. Variabel kontrolnya yaitu turbin angin Savonius overlap bertingkat dan jarak blower. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi putaran turbin yaitu kecepatan angin, posisi sudut deflektor 20o, 45o, dan 75o dan pasangan sudut efektif. Sudut deflektor 45o mempunyai kinerja yang lebih bagus dalam menghasilkan putaran dibandingkan sudut lainnya, karena dapat mengarahkan angin tepat ke sudu turbin. Pasangan sudut efektif mempunyai pengaruh yang berbeda tiap pasangan, jika posisi pasangan sudutnya sama, maka putaran yang dihasilkan akan mempunyai keseimbangan yang bagus, sedangkan pasangan sudut yang mempunyai pasangan sudut berbeda menghasilkan putaran yang tidak stabil. Sudut deflektor lebih banyak berpengaruh dalam tinggi rendahnya putaran turbin, dibandingkan dengan pasangan sudut efektif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa turbin angin Savonius overlap memperoleh hasil paling optimal pada sudut deflektor 20o, pasangan sudut efektif 40o, 40o dan 60o dengan daya output sebesar 1,15668 Watt berbanding lurus dengan putaran turbin yang dipengaruhi oleh kecepatan angin, sudut deflektor dan pasangan sudut efektif. Torsi sebesar 97,204 Nm berbanding lurus dengan daya output, dan mempunyai nilai efisiensi 13,266%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/98839

Actions (login required)

View Item View Item