Simulasi tool punch mesin CNC micro blanking menggunakan metode elemen hingga / Irham Ahmada - Repositori Universitas Negeri Malang

Simulasi tool punch mesin CNC micro blanking menggunakan metode elemen hingga / Irham Ahmada

Ahmada, Irham (2019) Simulasi tool punch mesin CNC micro blanking menggunakan metode elemen hingga / Irham Ahmada. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ahmada Irham. 2019. Simulasi Tool Punch Mesin CNC Micro Blanking Menggunakan Metode Elemen Hingga. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr.Andoko S.T. M.T. (II) Didin Zakariya Lubis S.Pd. M.Eng. Kata Kunci Punching Tool Punch Metode Elemen Hingga. Proses punching merupakan salah satu jenis proses pemotongan(cutting) dengan cara memberi perlakuan tekan pada benda kerja sampai melewati batas elastis dari material. Tool Punch merupakan komponen penting pada saat proses pumching. Agar Tool punch memiliki umur yang Panjang diperlukan pemilihan material dan kecepatan pemotongan yang baik untuk mengoptimalkan proses permesinan. Dalam penelitian ini dilakukan simulasi proses punching pembuatan produk keychain cranioplasty plate dengan material titanium. Optimasi proses punching dalam simulasi Tool punch dilakukan dengan memberi variasi material tool punch dan variasi kecepatan pemotongan. Pemodelan desain geometri tool punch dan benda kerja menggunakan software Autodesk Inventor. Analisis ini dilakukan dengan menggunakan metode elemen hingga dengan bantuan software ANSYS Explicit Dynamic. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa material tool punch dan kecepatan pemotongan dapat mempengaruhi sifat mekanik tool punch. Material SKH 51 memiliki hasil yang paling baik dibandingkan dengan materil SKD 11 dan SKS 3. Untuk penggunaan kecepatan pemotongan kecepatan pemotongan 3800 mm/menit memiliki hasil tertinggi untuk total deformasi dan distribusi tegangan von mises. Sedangkan hasil terendah terdapat pada kecepatan pemotongan 1900 mm/menit. Dapat diketahui dari hasil simulasi bahwa semakin besar kecapatan pemotongan semakin besar hasil total deformasi dan distribusi tegangan von mises.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/98837

Actions (login required)

View Item View Item