Teknik persuasi dalam iklan artikel (advertorial) "Metropolis Weekend" Jawa Pos edisi Surabaya / Khristin Sri Utami Nardiyana - Repositori Universitas Negeri Malang

Teknik persuasi dalam iklan artikel (advertorial) "Metropolis Weekend" Jawa Pos edisi Surabaya / Khristin Sri Utami Nardiyana

Nardiyana, Khristin Sri Utami (2009) Teknik persuasi dalam iklan artikel (advertorial) "Metropolis Weekend" Jawa Pos edisi Surabaya / Khristin Sri Utami Nardiyana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Persuasi adalah suatu cara menyampaikan informasi menggunakan teknik tertentu yang bertujuan membujuk dan mengajak seseorang agar melakukan sesuatu sesuai anjuran dengan kesadaran sendiri kini maupun akan datang sehingga mengubah sikap dan perilaku pembaca. Teknik persuasi adalah teknik yang dilakukan persuator untuk memanipulasi seseorang agar melakukan sesuatu sesuai kehendak persuator sehingga mengubah sikap dan perilaku tanpa paksaan. Iklan artikel adalah iklan yang berupa berita atau berupa artikel (bukan gambar atau poster) yang terdapat pada surat kabar harian dengan interval tertentu misalnya setiap hari atau satu minggu sekali. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) jenis-jenis teknik persuasi yang digunakan dalam iklan artikel Metropolis Weekend (2) jenis-jenis teknik persuasi yang paling sering digunakan dalam iklan artikel Metropolis Weekend (3) Penggunaan teknik persuasi dalam iklan artikel Metropolis Weekend. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah iklan artikel Metropolis Weekend Jawa Pos edisi Surabaya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara mengumpulkan iklan artikel kemudian dipilih tiga puluh empat data awal. Langkah selanjutnya membaca iklan artikel yang akan diteliti secara berulang-ulang memberi kode pada bacaan dan memindahkannya dalam tabel. Tahap analisis data terdiri dari (1) membaca dengan cermat dan seksama seluruh sumber data (2) mereduksi data (3) memahami data (4) mengidentifikasi data sesuai tujuan penelitian (5) mengklasifikasi dan mengkategorisasi seluruh data sesuai dengan rumusan masalah dan (6) mendeskripsikan penggunaan teknik persuasi pada data yang telah ditemukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam iklan artikel Metropolis Weekend dipergunakan tujuh teknik persuasi. (1) Teknik Ketidaksesuaian Perilaku (Cognitive Dissonance) (2) Teknik dengan Hadiah (Pay off Idea) (3) Teknik Tanpa Hadiah (Fear Arousing) (4) Teknik Perhatian (Empathy) (5) Teknik Membungkus (Packing) (6) Teknik Mengelak (Red Herring) dan (7) Teknik Menempel Associate) selain itu terdapat (8) Teknik Gabungan/Kolaborasi. Teknik persuasi yang paling banyak digunakan dalam iklan artikel Metropolis Weekend adalah Teknik tanpa Hadiah. Teknik Kolaborasi yang paling sering digunakan dalam iklan artikel Metropolis Weekend adalah gabungan dari Teknik tanpa Hadiah dan Teknik Ketidaksesuaian Perilaku Deskripsi penggunaan teknik persuasi dalam iklan artikel Metropolis Weekend adalah sebagai berikut. Teknik Ketidaksesuaian Perilaku digunakan oleh pengiklan untuk mempengaruhi agar seolah-olah pembaca membutuhkan produk yang diiklankan untuk mengurangi rasa bersalah akibat ketidaksamaan perilaku dengan hati nuraninya. Teknik dengan Hadiah digunakan dalam Iklan artikel Metropolis Weekend untuk menarik minat pembaca agar membeli produk yang diiklankan karena hadiah bonus atau diskon yang ditawarkan oleh pengiklan. Teknik tanpa Hadiah digunakan dalam Iklan artikel Metropolis Weekend oleh pengiklan untuk menarik minat pembaca dengan cara menginformasikan kelebihan atau keunggulan produk yang ditawarkan. Teknik Perhatian digunakan dalam Iklan artikel Metropolis Weekend dengan cara menginformasikan prestasi-prestasi yang telah diperoleh oleh produk maupun oleh pengiklan untuk menarik perhatian pembaca. Pencantuman seorang manusia sebuah produk atau suatu peristiwa sebagai contoh atau teladan dalam iklan akan menambah kepersuasifannya. Teknik membungkus dalam Iklan artikel Metropolis Weekend biasanya ditandai dengan kata-kata yang mudah diingat dan memberi kesan mendalam di hati pembaca. Teknik Mengelak digunakan dalam Iklan artikel Metropolis Weekend oleh pengiklan untuk mengalihkan perhatian pembaca dari kekurangan produk yang diiklankan kepada kelebihannya. Dapat juga dipergunakan sebagai sarana mengelak dari pertanyaan tentang hal yang akan mengurangi minat pembaca. Teknik Menempel digunakan dalam Iklan artikel Metropolis Weekend oleh pengiklan dengan mencantumkan hubungan antara suatu peristiwa atau seseorang yang sedang hangat dibicarakan dengan keunggulan dan manfaat produk yang diiklankan. Teknik Kolaborasi dalam Iklan artikel Metropolis Weekend menggunakan gabungan 2 teknik atau lebih yang bertujuan meningkatkan kepersuasifan iklan agar pembaca lebih tertarik kepada produk yang diiklankan. Penggunaan teknik kolaborasi dapat juga digabungkan dengan mengembangkan teknik-teknik lain. Dari hasil penelitian ini dapat disarankan kepada peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian lebih lanjut dari sudut pandang dan sumber yang lain. Misalnya tentang pola teknik persuasi dalam iklan artikel bila dibandingkan dengan iklan jenis lain. Saran untuk pengiklan agar lebih memahami dan mendalami teknik persuasi yang ada dan mengembangkannya agar memperoleh teknik-teknik baru yang lebih persuasif. Untuk pembaca iklan agar lebih memahami isi dari iklan sehingga tidak mudah terbuai rayuan pengiklan dengan membaca pengetahuan yang berhubungan dengan iklan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PIN Indonesian Literature
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9881

Actions (login required)

View Item View Item