Analisis reaksi pasar terhadap peristiwa stock split dan right issue pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia / Nurul Ishma

Ishma, Nurul (2019) Analisis reaksi pasar terhadap peristiwa stock split dan right issue pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia / Nurul Ishma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ishma, Nurul. 2019. Analisis Reaksi Pasar terhadap Peristiwa Stock Split dan Right Issue pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. H. Tuhardjo, S.E., M.Si., Ak. Kata kunci : reaksi pasar, signaling theory, stock split, right issue. Perusahaan melakukan corporate action untuk memenuhi tujuan perusahaan, dua diantaranya adalah stock split dan right issue. Kedua hal ini penting diketahui dan di pahami oleh investor sebelum melakukan investasi di pasar modal, karena menurut signaling theory suatu peristiwa yang ditentukan oleh perusahaan mengandung sinyal berupa informasi mengenai prospek perusahaan di masa yang akan datang. Fama (1970) mendefinisikan pasar dikatakan efisien jika harga-harga sekuritas “mencerminkan secara penuh” informasi yang tersedia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peristiwa stock split dan right issue memberikan perbedaan pada abnormal return yang diperoleh investor pada saat sebelum dengan setelah perusahaan melakukan corporate action. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus untuk mengetahui suatu kejadian di dalam pasar modal. Penelitian ini menggunakan sampel perusahaan yang melakukan stock split sebanyak 25 perusahaan dan perusahaan yang melakukan right issue sebanyak 16 perusahaan pada tahun 2015-2016. Variabel dependen yang digunakan adalah retun saham selama periode jendela 11 hari, yaitu 5 hari sebelum, 1 hari h, dan 5 hari setelah event dilakukan. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dan metode analisis yang digunakan adalah uji wilcoxon signed rank test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa abnormal return selama periode jendela tidak mengalami perubahaan yang signifikan, baik pada event stock split maupun pada event right issue. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa signaling theory tidak dapat memberikan sinyal pada investor. Saran untuk penelitian selanjutnya adalalah menambah periode penelitian, menggunakan periode penelitian yang berbeda, memberikan kategori perusahaan berdasarkan sektor perusahaan, mengkategorikan right issue berdasarkan tujuan perusahaan, dan menambah atau menggunakan variabel atau peristiwa lain dalam penelitiannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/98755

Actions (login required)

View Item View Item