Pengaruh self-attribution bias, mental accounting, dan familiarity bias terhadap pengambilan keputusan investasi (studi pada mahasiswa di Kota Malang) / Novia Dwi Anggini

Anggini, Novia Dwi (2019) Pengaruh self-attribution bias, mental accounting, dan familiarity bias terhadap pengambilan keputusan investasi (studi pada mahasiswa di Kota Malang) / Novia Dwi Anggini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anggini, Novia Dwi. 2019. Pengaruh Self-Attribution Bias, Mental Accounting, dan Familiarity Bias Terhadap Pengambilan Keputusan Investasi (Studi Pada Mahasiswa Di Kota Malang). Skripsi. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. H. Cipto Wardoyo, S.E., M.Pd., M.Si., Ak, CA Kata Kunci: behavioral finance, self-attribution bias, mental accounting, familiarity bias, pengambilan keputusan investasi. Seiring meningkatkannya pertumbuhan perekonomian di Indonesia, investasi menjadi salah faktor pendorong utama dalam mendongkrak kesejahteraan perekonomian negara. Dalam memutuskan investasi, investor dituntut harus memiliki pertimbangan yang matang. Namun, dalam kenyataannya investor banyak yang mengalami ketidakrasionalan ketika memutuskan investasi. Banyaknya faktor yang mempengaruhi saat investor memutuskan untuk berinvestasi. Faktor psikologis merupakan salah satu faktor paling berpengaruh pada investor ketika memutuskan investasi dan menyebabkan investor menjadi kurang rasional dalam keputusannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh self-attribution bias, mental accounting, dan familiarity bias terhadap pengambilan keputusan investasi pada mahasiswa di kota Malang. Populasi dan sampel dalam penelitian ini ialah mahasiswa di kota Malang yang bergabung di beberapa komunitas investasi yang ada di kota Malang. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kuantitatif dengan teknik pengambilan data menggunakan kuesioner yang disebar secara online dan analisis data yang digunakan ialah regresi linier berganda serta teknik pengambilan sampel yakni purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self-attribution bias, mental accounting, dan familiarity bias berpengaruh positif signifikan terhadap pengambilan keputusan investasi mahasiswa di kota Malang. Familiarity bias menjadi variabel yang paling berpengaruh pada mahasiswa sebagai investor ketika mengambil keputusan untuk berinvestasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/98750

Actions (login required)

View Item View Item