Pengakuan pendapatan dan beban pada usaha produksi raket di Kecamatan Sukun Kota Malang / Margareta Oktaviani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengakuan pendapatan dan beban pada usaha produksi raket di Kecamatan Sukun Kota Malang / Margareta Oktaviani

Oktaviani, Margareta (2020) Pengakuan pendapatan dan beban pada usaha produksi raket di Kecamatan Sukun Kota Malang / Margareta Oktaviani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Oktaviani. Margareta. 2020. Pengakuan Pendapatan dan Beban Pada Produksi Raket Di Kecamatan Sukun Kota Malang. Skripsi. Jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Hj. Endang Sri Andayani S.E. M.Si. Ak Kata Kunci Pendapatan Beban UKM Pengrajin Raket. Perkembangan perekonomian khususnya sektor ekonomi dan industri telah terjadi setelah era krisis moneter tahun 1998. Perkembangan tersebut tidak terlepas dari peran perusahaan-perusahaan yang berada di Indonesia baik berskala besar menengah maupun kecil. Seperti contohnya UKM Kerajinan raket yang berada di Kecamatan Sukun. Meskipun tidak melakukan pencatatan dengan baik usaha kerajinan raket dapat terus berproduksi hingga saat ini. Peneliti mencoba mengungkap pengakuan pendapatan dan beban yang dilakukan oleh pelaku UKM pengerajin raket yang berada di Kecamatan Sukun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengakuan pendapatan dan beban pada UKM pengrajin raket berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik. Penelitian ini menggunakan model Bogdan dan Taylor dengan format deskriptif dengan tujuan memberikan gambaran secara cermat mengenai individu atau kelompok tertentu tentang keadaan dan gejala yang terjadi. Pengumpulan data diperoleh dari proses wawancara dan dokumentasi. Instrument yang digunakan berupa instrument manusia yaitu peneliti sendiri. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap pengumpulan data reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh tiga kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut Pertama pemilik usaha tidak melakukan pencatatan keuangan yang terperinci. Pencatatan keuangan yang dilakukan hanya berdasarkan pada nota pembelian bahan baku dan nota penjualan. Hal tersebut dilakukan karena metode tradisional dianggap mudah bagi pemilik usaha raket. Kedua Pengakuan beban di dalam usaha ini belum sesuai dengan SAK EMKM karena didalam usaha ini tidak memeperhitungkan beban penyusutan. Untuk pengakuannya menggunakan dasar kas sejalan dengan pengakuan pendapatan. Jika pengakuan pendapatan ditunda maka pembebanan biaya juga ditunda. Pencatatan keuangan yang baik sangat penting untuk menghindari permasalahan yang dihadapi mulai dari hilangnya bukti transaksi seperti nota pembelian bahan baku kurang mampu melihat perkembangan usaha yang dijalankan tanpa adanya pencatatan yang akurat sehingga menyebabkan permasalahan yang menghambat perkembangan UKM tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/98748

Actions (login required)

View Item View Item