Pengaruh idul fitri effect terhadap abnormal return saham perusahaan makanan, minuman, dan transportasi pada kelompok Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2014-2018 / Rahmadhani Febrianto

Febrianto, Rahmadhani (2019) Pengaruh idul fitri effect terhadap abnormal return saham perusahaan makanan, minuman, dan transportasi pada kelompok Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2014-2018 / Rahmadhani Febrianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Febrianto, Rahmadhani. 2019. Pengaruh Idul Fitri Effect Terhadap Abnormal Return Saham Perusahaan Makanan, Minuman, Dan Transportasi Pada Kelompok Indeks Saham Syariah Indonesia (Issi) Periode 2014-2018. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Bety Nur Achadiyah, S.Pd, M.Sc. Kata kunci: return, abnormal return, pasar modal Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh libur hari raya idul fitri terhadap abnormal return saham perusahaan makanan, minuman, dan transportasi pada kelompok Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2014-2018. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah abnormal return yang didapatkan dari pengurangan antara return pasar dan return sesungguhnya. Sampel yang digunakan berjumlah 15 emiten dengan total populasi sebanyak 27. Pengambilan sampel ditentukan melalui purposive sampling dengan syarat: (1) Terdaftar dalam kelompok saham ISSI selama periode penelitian; (2) Memiliki data yang dibutuhkan peneliti, yaitu close price harian; (3) Terhindar dari efek pengganggu (confounding effect) internal yang dapat mempengaruhi harga saham perusahaan tersebut secara signifikan. Metode analisis yang digunakan adalah Wilcoxon Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa libur hari raya idul fitri tidak memiliki pengaruh terhadap abnormal return. Hal ini disebabkan karena hari raya libur hari raya idul fitri merupakan event tahunan yang telah diprediksi oleh investor sehingga tidak memberikan dampak yang signifikan terhadap keputusan yang diambil oleh pemiliki modal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/98737

Actions (login required)

View Item View Item