Akuntabilitas LSM (studi fenomenologi pada LSM di Kota Malang) / Maulidina Ayu Regita - Repositori Universitas Negeri Malang

Akuntabilitas LSM (studi fenomenologi pada LSM di Kota Malang) / Maulidina Ayu Regita

Regita, Maulidina Ayu (2019) Akuntabilitas LSM (studi fenomenologi pada LSM di Kota Malang) / Maulidina Ayu Regita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Regita Maulidina Ayu . 2019 . Akuntabilitas LSM (Studi Fenomenologi pada LSM di Kota Malang). Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Sulastri S.Pd M.SA. Kata Kunci Akuntabilitas LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) merupakan organisasi non-pemerintah yang bertujuan bukan untuk mencari keuntungan namun hanya fokus untuk membantu sesama. Kurangnya transparasi laporan keuangan LSM menyebabkan semakin hilangnya rasa kepercayaan masyarakat kepada LSM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui akuntabilitas laporan keuangan salah satu LSM di Kota Malang menurut perspektif teori stewardship. Penelitian dilakukan di organisasi Indrea Club organisasi bahasa Korea di Malang yang berbasis sosial. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data dikumpulkan dan dianalisis melalui observasi studi dokumentasi serta wawancara snowball sampling dengan memilih informan yang penting dan relevan dengan permasalahan. Dalam penelitian ini peneliti sebagai partisipan penuh karena peneliti terlibat langsung dalam subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan Akuntabilitas Vertikal Indrea Club yaitu tanggung jawab panitia kepada founder sudah berjalan cukup baik panitia selalu rutin melaporkan laporan keuangannya kepada founder Indrea Club. Sedangkan Akuntabilitas Horizontal Indrea Club dalam segi keuangan masih kurang transparan kepada member namun dari segi kegiatan program akuntabilitas yang dilakukan panitia kepada member sudah cukup baik. Menurut hasil observasi hubungan antara founder dan panitia yang berjalan baik serta panitia yang rela bekerja lebih keras daripada member yang lain menunjukkan sikap yang sesuai dengan teori stewardship. Keterbatasan penelitian ini yaitu menurut data yang didapat dari lapangan penelitian ini hanya bisa fokus pada dua akuntabilitas saja yaitu akuntabilitas program dan akuntabilitas keuangan. Saran dari penelitian ini bagi Indrea Club diharapkan lebih transparan atas laporan keuangannya. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat meneliti organisasi nirlaba lain dengan teori yang lain serta bisa membahas akuntabilitas lainnya selain akuntabilitas program dan akuntabilitas keuangan. Peneliti selanjutnya juga bisa menggunakan dua atau lebih subjek penelitian untuk digunakan dalam studi komparatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/98725

Actions (login required)

View Item View Item