Pengaruh modal usaha dan persepsi tentang karakteristik wirausaha dan lingkungan usaha terhadap kinerja keuangan UMKM di Kampung Inggris Pare Kediri / Mustika Anggi Permono

Permono, Mustika Anggi (2019) Pengaruh modal usaha dan persepsi tentang karakteristik wirausaha dan lingkungan usaha terhadap kinerja keuangan UMKM di Kampung Inggris Pare Kediri / Mustika Anggi Permono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Permono, Mustika Anggi. 2019. Pengaruh Modal Usaha dan Persepsi tentang Karakteristik Wirausaha dan Lingkungan Usaha Terhadap Kinerja Keuangan UMKM di Kampung Inggris Pare-Kediri. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Sriyani Mentari, S.Pd, M.M. Kata Kunci: UMKM, Kinerja, Modal Usaha, Lingkungan Usaha, Karakteristik Wirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keberlakuan The Achievement Motive Theory, The Contingency Theory, dan The Pecking-Order Theory. The Achievement Motive Theory menyatakan bahwa setiap individu memiliki dorongan untuk berprestasi, dorongan berprestasi inilah yang akan membentuk karakteristik wirausahawan. The Contingency Theory menyatakan bahwa aktivitas perusahaan dipengaruhi oleh lingkungan usahanya. Sedangkan The Pecking Order Theory menyatakan bahwa manajer lebih menyukai pendanaan internal terlebih dahulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh UMKM di Kampung Inggris Pare-Kediri. Sedangkan sampel dari penelitian ini merupakan 36 UMKM yang berada di Kampung Inggris Pare-Kediri. Instrumen penelitian ini yaitu menggunakan kuesioner. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik wirausaha, lingkungan usaha, dan modal usaha berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan. Oleh sebab itu, untuk meningkatkan kinerja keuangan suatu perusahaan, pemilik usaha diharapkan membangun dan mengasah karakteristik wirausaha seperti percaya diri, kreatif, dan-lain lain. Pemilik usaha juga sebaiknya ikut berkontribusi dalam menciptakan lingkungan usaha yang kondusif. Dalam proses pemilihan sumber pendanaan bagi perusahaan, sebaiknya pemilik usaha mempertimbangkan yang paling tepat bagi perusahaannya, dengan menilai risiko dan biaya yang harus dikeluarkan dalam perolehan modalnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/98719

Actions (login required)

View Item View Item