Pengembangan multimedia interaktif pada mata pelajaran akuntansi perusahaan jasa di SMK Muhammadiyah 2 Malang / Merinda Galuh Cahyanti

Cahyanti, Merinda Galuh (2019) Pengembangan multimedia interaktif pada mata pelajaran akuntansi perusahaan jasa di SMK Muhammadiyah 2 Malang / Merinda Galuh Cahyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Cahyanti, Merinda Galuh. 2018. Pengembangan Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa di SMK Muhammadiyah 2 Malang. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing Dr. Suparti, M.P. Kata Kunci: Multimedia interaktif, perusahaan jasa, hasil belajar Perkembangan teknologi infomasi yang semakin pesat menuntut guru untuk lebih inovatif dan kreatif dalam membuat media pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar. Dari hasil pengamatan pada proses pembelajaran di SMK Muhammadiyah 2 Malang, guru dalam mengajar masih menggunakan metode konvensional dan belum maksimal dalam memanfaatkan media pembelajaran. Hal ini mengakibatkan siswa kurang termotivasi dalam proses pembelajaran, sehingga berdampak pada hasil belajar yang kurang baik. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan multimedia interaktif pada mata pelajaran akuntansi perusahaan jasa yang dilengkapi dengan buku panduan penggunaan media pembelajaran bagi pengguna. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan dengan model Borg and Gall (2003). Tahapan yang dilakukan meliputi analisis kebutuhan, pengembangan produk, validasi ahli, revisi I, uji lapangan terbatas, revisi II, dan produk akhir. Validasi multimedia interkatif dilakukan oleh 1 dosen teknologi pendidikan (TEP) UM, 1 guru akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Malang dan 20 siswa kelas X Akuntansi di SMK Muhammadiyah 2 Malang. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket uji kelayakan serta soal tes untuk uji efektivitas produk. Data yang diperoleh adalah data kuantitatif berupa skor angket dan nilai pretest-posttest serta data kualitatif berupa uraian komentar dan saran. Hasil uji penilaian dari ahli media dan ahli materi menunjukkan multimedia interaktif memperoleh nilai 92,5% dan 90% dengan kriteria valid/digunakan. Sedangkan siswa kelas X akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Malang sebagai pengguna memberikan nilai rata-rata 97,06% dengan kriteria valid/digunakan. Hasil uji efektivitas produk pada siswa kelas X Akuntansi di SMK Muhammadiyah 2 Malang yang dianalisis menggunakan paired sample t-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa yang signifikan dibuktikan dengan nilai sig. 2-tailed sebesar 0,000<0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa multimedia interkatif dianggap memberikan pengaruh dan efektif. Disarankan untuk mengembangan multimedia interaktif untuk materi yang lainnya, membuat desain grafis yang lebih menarik dengan mempertimbangkan kelengkapan konten dan size dari multimedia interaktif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/98703

Actions (login required)

View Item View Item