Pengaruh penerapan aplikasi sprint, pengenaan sanksi, dan sosialisasi terhadap kepatuhan satuan kerja dalam penyampaian LPJ Bendahara lingkup KPPN Malang / Yeni Ni'matul Isroiyah

Isroiyah, Yeni Ni'matul (2019) Pengaruh penerapan aplikasi sprint, pengenaan sanksi, dan sosialisasi terhadap kepatuhan satuan kerja dalam penyampaian LPJ Bendahara lingkup KPPN Malang / Yeni Ni'matul Isroiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Isroiyah, Yeni Ni’matul. 2019. Pengaruh Penerapan Aplikasi SPRINT, Pengenaan Sanksi, dan Sosialisasi Terhadap Kepatuhan Satuan Kerja dalam Penyampaian LPJ Bendahara Lingkup KPPN Malang. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Sri Pujiningsih, S.E, M.Si, Ak. Kata Kunci: Aplikasi SPRINT, Sanksi, Sosialisasi, Kepatuhan Satuan Kerja Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh (1) penerapan aplikasi SPRINT, (2) sanksi, (3) sosialisasi, terhadap kepatuhan Satuan Kerja dalam penyampaian LPJ Bendahara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif karena menekankan pada pengujian teori melalui pengukuran variable;-variabel penelitian dengan kuesioner, dan melakukan analisis data dengan prosedur statistic. Populasi pada penelitian ini adalah 179 Satuan Kerja lingkup KPPN Malang dengan jumlah sampel 66 Bendahara. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional sampling sedangkan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan Analisis Linear Berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penerapan aplikasi SPRINT berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan Satuan Kerja, (2) pengenaan sanksi tidak berpengaruh terhadap kepatuhan Satuan Kerja, dan (3) sosialisasi berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan Satuan Kerja. Keterbatasan penelitian ini terletak pada kuesioner yang tidak dapat dibagi rata sesuai wilayah kerja, serta belum ada pemisahan antara Bendahara Pengeluaran dan Bendahara Penerimaan. Nilai R square adalah 48%. Hal ini berarti bahwa variabel bebas yaitu aplikasi SPRINT, sanksi, dan sosialisasi dapat menjelaskan 48% variabel terikat yaitu kepatuhan Satuan Kerja. Sedangkan 52% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian. Saran yang diajukan dalam penelitian ini ialah Satuan Kerja meningkatkan intensitas untuk berkomunikasi dengan Seksi Verifikasi dan Akuntansi guna mendapat pengetahuan lebih terkait aplikasi dan LPJ Bendahara, agar Bendahara tidak melanggar peraturan yang berlaku dan dapat memahami pengenaan sanksi yang akan terjadi. Bagi KPPN Malang lebih sering menyampaikan sosialisasi bersifat wajib kepada Satuan Kerja khususnya Bendahara, dan juga melakukan koordinasi agar Bendahara dapat memahami kewajibannya dengan menyampaikan LPJ secara benar dan tepat waktu. Bagi peneliti selanjutnya sebaiknya menambahkan metode wawancara kepada Bendahara agar memperoleh hasil yang lebih akurat. Serta menggunakan variabel lain yang mungkin dapat mempengaruhi kepatuhan Satuan Kerja, sehingga dapat memberikan gambaran yang lebih luas mengenai faktor apa saja yang mempengaruhi kepatuhan Satuan Kerja selain penerapan aplikasi SPRINT, pengenaan sanksi, dan sosialisasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/98666

Actions (login required)

View Item View Item