Pertahanan diri tokoh Amelia dalam novel Amelia karya Tere Liye / Uyunun Safira - Repositori Universitas Negeri Malang

Pertahanan diri tokoh Amelia dalam novel Amelia karya Tere Liye / Uyunun Safira

Safira, Uyunun (2016) Pertahanan diri tokoh Amelia dalam novel Amelia karya Tere Liye / Uyunun Safira. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Safira Uyunun. 2016. Pertahanan Diri Tokoh Amelia dalam Novel Amelia Karya Tere Liye. Skripsi Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia FS Universitas Negeri Malang. Pembimbing I Prof. Dr. Heri Suwignyo M.Pd. Pembimbing II Dr. Nita Widiati M.Pd Kata kunci psikoanalisis sastra anak konflik kecemasan pertahanan diri Sastraanaksemakinberkembangseiringdenganproduktivitaspenulissastra yang meningkatdalammenciptakankaryasastra.Salah satunyaperkembanganprosafiksianak yang semakindiminatipembaca.Kisah yang ditampilkandalamprosafiksianakmampumenunjukkanidentitasanakbaiksecarafisikmaupunpsikis.Penelitianinibertujuanmenggalirespontokohanakmelaluibentukpertahanandiri yang dilakukannya.Ketikaanakmenghadapikonflik halinimemicukecemasandalamdirianak.Pertahanandirimerupakanupayaanakuntukmelindungidiridarisituasi yang tidakmenyenangkanakibattekanankonflikdankecemasan yang dihadapinya. Penelitian ini mengangkat novel Amelia karya Tere Liye sebagai objek penelitian. Dengan menggunakan kajian psikoanalisis Sigmund Freud penelitian ini menganalisis pertahanan diri yang dilakukan tokoh Amelia saat menghadapi konflik dan kecemasan. Penelitian ini terdiri atastiga fokus masalah yaitu (1) kemunculan konflik pada tokoh Amelia (2) kemunculan kecemasan pada tokoh Amelia dan (3) kemunculan pertahanan diri pada tokoh Amelia. Penelitian ini tergolong penelitian kualitatif dengan melibatkan analisis teks yang dikaji menggunakan pendekatan psikoanalisis Sigmund Freud. Adapun proses pengumpulan data pada penelitian ini terdiriatasempat tahap yakni(1) membaca intensif novel Amelia (2) mengidentifikasi satuan-satuan makna dalam teks novel Amelia yang berupa narasi dialog danmonolog(3) melakukan kodifikasi berdasarkan tabel kodifikasi yang telah dibentuk dan (4) melakukan klasifikasi data dengan mengelompokkan temuan data untuk menjawab rumusan masalah. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini melibatkan proses reduksi data penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pertahanan diri yang dilakukan tokoh Amelia bergantungpadaderajatkonflikdankecemasan yang dirasakannya. Derajatkonflikdankecemasan yang semakintinggimempengaruhijenisdanjumlahpertahanandiri yang dilakukantokohAmelia.Secaraspesifikhasilpenelitianinimenunjukkantigahal yakni (1) kemunculankonflik internal melibatkanpertentanganantaraid ego dansuperego sedangkankonflikeksternalmelibatkanpertikaian Amelia dengankeluarga temansepermainan danmasyarakat (2) kemunculankecemasan meliputikecemasanneurotik kecemasanrealitas dankecemasan moral dan (3) pertahanandiri yang dilakukan Amelia terdiridari 8 jenis yaknirepresi projeksi pembentukanreaksi pemindahanobjek regresi rasionalisasi sublimasi danidentifikasi. Dalamhalini fiksasitidaktampakpadatokoh Amelia.Derajatkonflik kecemasan danragampertahanandiritokoh Amelia memilikiwujud yang berbedadengan orang dewasa. Hal inidipengaruhiolehperbedaankemampuanberpikirdankematanganusiaantaraanakdan orang dewasa. Berdasarkan haltersebut peneliti memberi saran kepada6 pihak yakni(1)penelitisastraanakagar melakukanpenelitianlanjutanuntukmengujidanmenambahkantemuan lain sebagai proses perbaikanhasildalampenelitianini (2) pemerhatianak agar melakukanpendampingankepadaanakuntukmenanamkannilai moral supayaperkembangansuperegodalamdirianakmenjadibaik (3) penulissastraanak agar membuatkaryasastra yang sesuaidenganperkembanganpsikologianakdenganmemperhatikankesesuaiankonflikdankondisijiwaanak (4)guru SekolahDasar agar tidakhanyaberfokuspada proses belajardanmengajar melainkanmemberikan pula contohnilaibudipekertikepadasiswa (5) guru BimbinganKonselingagar memberikanruangkepadaanakuntukberkonsultasiterkaitmasalahanaksehingga guru dapatmemberikan saran kepadasiswa yang bermasalah dan (6) orang tua agar membangunhubunganharmonisdalamkeluargasehinggaanakmerasanyaman di dalamrumah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PIN Indonesian Literature
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9848

Actions (login required)

View Item View Item