Santoso, Heri (2016) Kemampuan akting peserta ektrakurikuler drama siswa SMA Negeri 10 Malang / Heri Santoso. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Santoso Heri. 2016. Kemampuan Akting Peserta Ekstrakurikuler Drama Siswa SMA Negeri 10 Malang. Skripsi Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakulas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Yuni Pratiwi M.Pd (II) Mustofa Kamal S. Pd M. Sn. Kata kunci Akting ekspresi karakter tokoh ekstrakurikuler drama Salah satu genre sastra yang diajarkan di sekolah adalah drama. Pembelajaran drama selain dilaksanakan di dalam kelas juga dapat disajikan melalui kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler drama merupakan kegiatan di luar jam pelajaran sekolah. Kegiatan ekstrakurikuler dikhususkan untuk menyalurkan minat dan bakat siswa dalam seni drama. Pembelajaran drama haruslah menyeluruh pembelajaran yang hanya terpaku pada teori dapat mengakibatkan siswa merasa bosan. Pembelajaran drama juga perlu disertai dengan latihan dan praktik agar siswa lebih paham. Kemampuan akting siswa dalam merepresentasikan karakter tokoh bisa diketahui dengan cara memberikan penugasan performasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan akting peserta ektrakulikuler drama siswa SMA Negeri 10 Malang dalam memerankan karakter tokoh dengan tepat. Penelitian ini memaparkan kemampuan siswa dalam memerankan karakter tokoh pada 10 aspek yaitu pada aspek artikulasi volume tempo intonasi warna suara ekspresi mata ekspresi raut muka ketepatan gestur irama gestur dan kekuatan gestur. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 10 Malang dalam jangka waktu 2 bulan. Penelitian dimulai dengan memberikan latihan dasar tentang keaktoran pemberian materi tentang pemahaman naskah drama berjudul Matahari di Sebuah Jalan Kecil karya Arifin C Noer proses latihan pemeranan dan diakhiri dengan pementasan. Populasi seluruh ekstrakurikuler SMA N 10 Malang dan sampel penelitian adalah peserta ekstrakurikuler drama siswa SMA Negeri 10 Malang yang berjumlah 20 siswa. Berdasarkan pendekatannya penelitian ini berjenis penelitian kuantitatif sedangkan jika dilihat dari hadirnya variabel maka digolongkan pada penelitian deskriptif. Persentasi hasil penilaian berpedoman pada kualifikasi yang berlaku di sekolah. Kualifikasi dibagi menjadi dua yaitu pada tiap aspek dan semua aspek. Penggolongan kualifikasi pada tiap aspek dimulai dari tingkatan kurang mampu cukup mampu mampu dan sangat mampu sedangkan penggolongan kualifikasi untuk semua aspek dimulai dari tingkatan tidak mampu kurang mampu mampu sangat mampu dan kemampuan istimewa. Berdasarkan data kemampuan akting dalam merepresentasikan karakter tokoh pada aspek artkulasi diketahui sebanyak 15%siswa yang mendapat kualifikasi sangat mampu 60% siswa mendapat kualifikasi mampu 20% siswa mendapat kualifikasi cukup mampu dan 5% siswa yang mendapat kualifikasi kurang mampu. Adapun pada aspek volume diketahui sebanyak 25% siswa yang mendapat kualifikasi sangat mampu 60% siswa mendapat kualifikasi mampu 10% siswa mendapat kualifikasi cukup mampu dan 5% siswa yang mendapat kualifikasi kurang mampu. Adapun pada aspek tempo diketahui sebanyak 15% siswa yang mendapat kualifikasi sangat mampu 75% siswa mendapat kualifikasi mampu 5% siswa mendapat kualifikasi cukup mampu dan 5% siswa yang mendapat kualifikasi kurang mampu. Adapun pada aspek intonasi diketahui sebanyak 10% siswa yang mendapat kualifikasi sangat mampu 45% siswa mendapat kualifikasi mampu 30% siswa mendapat kualifikasi cukup mampu dan 15% siswa yang mendapat kualifikasi kurang mampu. Adapun pada aspek warna suara diketahui sebanyak 35% siswa yang mendapat kualifikasi sangat mampu 50% siswa mendapat kualifikasi mampu 15% siswa mendapat kualifikasi cukup mampu dan tidak ada siswa yang mendapat kualifikasi kurang mampu. Adapun pada aspek ekspresi mata diketahui sebanyak 20% siswa yang mendapat kualifikasi sangat mampu 65% siswa mendapat kualifikasi mampu 10% siswa mendapat kualifikasi cukup mampu dan 5% siswa yang mendapat kualifikasi kurang mampu. Adapun pada aspek ekspresi raut muka diketahui sebanyak 10% siswa yang mendapat kualifikasi sangat mampu 75% siswa mendapat kualifikasi mampu 10% siswa mendapat kualifikasi cukup mampu dan 5% siswa yang mendapat kualifikasi kurang mampu. Adapun pada aspek ketepatan gestur diketahui sebanyak 15% siswa yang mendapat kualifikasi sangat mampu 65% siswa mendapat kualifikasi mampu 15% siswa mendapat kualifikasi cukup mampu dan 5% siswa yang mendapat kualifikasi kurang mampu. Adapun pada aspek irama gestur diketahui sebanyak 15% siswa yang mendapat kualifikasi sangat mampu 70% siswa mendapat kualifikasi mampu 10% siswa mendapat kualifikasi cukup mampu dan 5% siswa yang mendapat kualifikasi kurang mampu. Sedangkan pada aspek kekuatan gestur diketahui sebanyak 5% siswa yang mendapat kualifikasi sangat mampu 55% siswa mendapat kualifikasi mampu 20% siswa mendapat kualifikasi cukup mampu dan 20% siswa yang mendapat kualifikasi kurang mampu. Berdasarkan data yang diperoleh kemampuan akting dalam memerankan karakter tokoh pada semua aspek diketahui tidak ada siswa mendapat kualifikasi kemampuan istimewa tidak ada siswa mendapat kualifikasi sangat mampu 75% siswa mendapat kualifikasi kemampuan mampu 25% siswa mendapat kualifikasi cukup mampu tidak ada siswa mendapat kualifikasi kurang mampu dan tidak ada siswa mendapat kualifikasi tidak mampu. Harapan dari penelitian ini adalah (1) pelatih ekstrakurikuler drama mampu melakukan metode pembelajaran yang tepat untuk melatih siswa dalam mempelajari drama (2) peneliti lain bisa melakukan penelitian dengan menggunakan populasi yang lebih luas. Penelitian tentang pembelajaran drama bisa dilakukan pada semua jenjang sekolah baik sekolah dasar menengah pertama sekolah menengah akhir atau pada semua tingkat dan (3) Guru Bahasa Indonesia dapat mengajarkan drama secara komplek baik teori maupun praktek secara langsung. Proses pembelajaran juga perlu variasi yakni pembelajaran tidak harus dilakukan di dalam kelas tetapi di luar kelas juga bisa menjadi alternatif pembelajaran drama.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PIN Indonesian Literature |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9841 |
Actions (login required)
View Item |