Pengaruh profitabilitas, leverage keuangan dan faktor teknikal terhadap harga saham pada indeks LQ45 di bursa efek Indonesia periode 2016-2018 / Septi Lu'lu Un Nida

Nida, Septi Lu'lu Un (2020) Pengaruh profitabilitas, leverage keuangan dan faktor teknikal terhadap harga saham pada indeks LQ45 di bursa efek Indonesia periode 2016-2018 / Septi Lu'lu Un Nida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nida, Septi Lu’lu’ Un . 2019. Pengaruh Profitabilitas, Leverage Keuangan dan Faktor Teknikal terhadap Harga Saham Pada Indeks LQ-45 di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2016-2018. Skripsi, Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Ika Putri Larasati, S.E., M.Com. (II) Sriyani Mentari, S.Pd., M.M. Kata kunci: return on equity, debt to asset ratio, debt to equity ratio, volume perdagangan saham, indeks harga saham individual, harga saham Harga saham merupakan nilai suatu perusahaan dan merupakan indeks yang tepat untuk menilai efektivitas perusahaan. Harga saham dapat menunjukkan kualitas manajemen perusahaan oleh karena itu semakin tinggi harga saham perusahaan maka investor menilai manajemen perusahaan tersebut baik dan diminati untuk ditransaksikan dalam perdagangan saham. Seorang investor akan melakukan analisis fundamental dan teknikal sebelum memutuskan untuk berinvestasi. Analisis fundamental yang digunakan dalam penelitian ini adalah profitabilitas yang diukur dengan return on equity dan leverage keuangan yang diukur dengan debt to asset ratio dan debt to equity ratio. Analisis teknikan yang digunakan dalam penelitian ini adalah volume perdagangan saham dan indeks harga saham individual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, leverage keuangan dan faktor teknikal terhadap harga saham,Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah profitabilitas yang diukur menggunakan return on equity (ROE), leverage keuangan yang diukur menggunakan rasio debt to asset ratio (DAR) dan debt to equity ratio (DER), volume perdagangan saham dan indeks harga saham individual. Variabel dependen yang digunakan adalah harga saham. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 33 perusahaan termasuk dalam indeks LQ-45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2018 yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji normalitas kolmogolov-smirnov, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi, uji regresi linear berganda, uji determinasi, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa return on equity, volume perdagangan saham dan indeks harga saham individual berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham; debt to asset ratio dan debt to equity berpengaruh negatif dan signifikan terhadap harga saham.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/98343

Actions (login required)

View Item View Item