Pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan dan leverage terhadap return saham perusahaan food & beverage yang terdaftar di bursa efek indonesia periode 2016-2018 / Riky Aditya Pratama

Pratama, Riky Aditya (2020) Pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan dan leverage terhadap return saham perusahaan food & beverage yang terdaftar di bursa efek indonesia periode 2016-2018 / Riky Aditya Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pratama, Riky Aditya. 2019, Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Ukuran Perusahaan terhadap return saham ( Perusahaan Food & Beverage yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia periode 2016-2018). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Ika Putri Larasati,S.E,MCom (2) Dr. Suparti,M.P Kata Kunci: return on asset, debt to equity ratio, total asset dan return saham. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan pemikiran bahwa investor ingin mendapatkan keuntungan dari hasil investasinya yang ditanam di perusahaan yang terdaftar di BEI dengan cara melihat faktor-faktor internal yang dapat mempengaruhi return saham. Faktor-faktor internal yang digunakan dalam penelitian ini untuk investor adalah return on asset, debt to equity dan total asset. Return saham merupakan cerminan dari hasil yang diperoleh suatu perusahaan atas saham di pasar bursa, tinggi rendah nya return saham dapat dipengaruhi oleh harga saham dipasar serta penilaian investor untuk berinvestasi pada perusahaan yang memiliki kinerja yang baik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang digunakan untuk meneliti populasi atau sampel tertentu dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Sampel didapatkan dari beberapa kriteria dengan metode pengambilan sampel secara purposive sampel sehingga didapatkan jumlah sampel sebanyak 18 perusahaan dari 27 perusahaan sebagai populasi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, yaitu dengan cara mengumpulkan data sekunder yang dipublikasikan oleh perusahaan yang terdaftar di BEI. Data tersebut meliputi laporan keuangan yang di publikasikan oleh masing-masing perusahaan dan data harga saham selama periode 2016-2018. Hasil pengujian terhadap variable return on asset, debt to equity ratio dan total asset berpengaruh terhadap return saham dan berdasarkan Koefisien Determinasi (R2) pengaruh variabel yang digunakan dalam penelitian ini menghasilkan angka sebesar 28,4%, sedangkan 71,6% disumbangkan oleh variabel lainnya yang tidak dimasukan ke dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil dari penelitian ini beberapa saran dapat dijadikan pertimbangan oleh investor dan pembaca dalam berinvestasi saham untuk mendapatkan return saham yang diinginkan adalah sebagai berikut: investor disarankan apabila ingin menanamkan dananya dalam bentuk sekuritas, sebaiknya lebih mempertimbangkan return on asset, debt to equity ratio dan total asset sebagai dasar pengambilan keputusan. Hal tersebut karena berpengaruh terhadap return saham.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/98341

Actions (login required)

View Item View Item