Pengembangan media pembelajaran CD interaktif sains kelas VI SD Sriwedari Malang / Yety Catur Kusumawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran CD interaktif sains kelas VI SD Sriwedari Malang / Yety Catur Kusumawati

Kusumawati, Yety Catur (2010) Pengembangan media pembelajaran CD interaktif sains kelas VI SD Sriwedari Malang / Yety Catur Kusumawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kusumawati Yety Catur. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Sains Kelas VI SD Sriwedari Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Eka Pramono Adi S.I.P. M.Si. (II) Yerry Soepriyanto ST MT Kata Kunci Pengembangan Media Pembelajaran CD Interaktif Sains Sebagai media informasi media berbasis komputer tidak kalah dengan media massa. Terutama karena media komputer bisa bersifat multimedia Multimedia dapat diklasifikasikan ke berbagai bentuk pengembangan di SD Sriwedari Malang kelas VI lebih mengarah pada bentuk CD interaktif. CD interaktif memiliki kinerja yang positif antara lain meningkatkan ketertarikan siswa untuk belajar sains membangkitkan minat siswa dalam belajar sains meningkatkan antusiasme siswa dalam belajar sains baik pada proses pembelajaran maupun pada hasil belajar. Pembelajaran di SD Sriwedari Malang menggunakan metode ceramah. Metode ceramah cenderung tidak membuat siswa tertarik dan antusias untuk memperhatikan dan mengikuti jalannya proses pembelajaran. Sehingga kesulitan makin nampak jelas ketika seorang guru hanya mengandalkan kemampuannya untuk menjelaskan konsep-konsep sains tanpa menggunakan suatu media yang dapat merangsang siswa untuk lebih tertarik dan antusias. Dan hal tersebut terbukti dengan kurang memuaskannya hasil belajar sains. Menanggapi kenyataan tersebut di atas peneliti perlu melakukan suatu pengembangan media guna membantu siswa dalam meningkatkan kualitas belajar sains. Metode pembelajaran menggunakan media interaktif adalah suatu solusi yang tepat dalam kegiatan pembelajaran di SD Sriwedari Malang Pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan menghasilkan media pembelajaran berupa CD interaktif yang telah melalui proses validasi pada mata pelajaran Sains pokok bahasan Sistem Tata Surya untuk siswa kelas VI SD Sriwedari Malang Subyek uji coba dalam pengembangan ini adalah siswa kelas VI semester II Tahun 2009 di SD Sriwedari Malang. Pengumpulan data dilakukan melalui instrumen angket ahli media ahli materi dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan media pembelajaran CD interaktif ini memenuhi kriteria valid/layak yakni ahli media dengan nilai 97 5 ahli materi dengan nilai 95 audiens perseorangan denagan nilai 88 4% dan audiens lapangan dengan nilai 85 5%. Saran yang diberikan berdasarkan hasil pengembangan media pembelajaran CD interaktif adalah diharapkan adanya penelitian eksperimen terlebih dahulu sebelum membuat media pembelajaran. Sehingga pengembang berikutnya dapat menghasilkan media pembelajaran CD interaktif yang lebih efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jun 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/98

Actions (login required)

View Item View Item