Pramana, Gilang Widya (2012) Persuasi dalam iklan artikel produk barang dan jasa dalam rubrik komunikasi bisnis dalam harian jawa pos edisi Maret-Agustus 2011 / Gilang Widya Pramana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci iklan iklan artikel persuasi Iklan merupakan salah satu bentuk komunikasi yang digunakan untuk memperkenalkan produk barang dan jasa yang didasarkan pada kebutuhan dan keinginan para konsumen. Iklan lebih diarahkan untuk membujuk orang supaya membeli. Oleh karena itu pengiklan menggunakan persuasi dalam menawarkan produknya. Di dalam iklan daya persuasi terletak pada penggunaan bahasa. Persuasi dalam sebuah iklan bertujuan untuk memengaruhi konsumen agar tertarik dan kemudian tergerak untuk membeli produk yang ditawarkan. Salah satu media yang digunakan oleh pengiklan dalam mengenalkan produknya adalah melalui surat kabar Harian Jawa Pos. Pemilihan surat kabar Jawa Pos Rubrik Komunikasi Bisnis didasarkan pada (1) surat kabar Jawa Pos memiliki wilayah publikasi yang luas (2) harga surat kabar Jawa Pos relatif murah sehingga terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat dan (3) dalam surat kabar Jawa Pos terdapat Rubrik Komunikasi Bisnis yang memuat iklan artikel. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti Harian Jawa Pos terutama pada Rubrik Komunikasi Bisnis yang memuat iklan artikel di dalamnya. Peneliti bertujuan untuk mendeskripsikan teknik-teknik persuasi dan bentuk-bentuk persuasi yang didayagunakan dalam rubrik tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis wacana. Penelitian ini berusaha untuk memerikan data secara objektif tentang persuasi dalam iklan artikel dalam Harian Jawa Pos dalam rubrik Komunikasi Bisnis. Pendekatan analisis wacana dalam penelitian ini diarahkan untuk menyusun interpretasi yang komprehensif tentang bentuk-bentuk persuasi dan teknik-teknik persuasi dalam iklan artikel dalam Harian Jawa Pos dalam rubrik Komunikasi Bisnis. Data penelitian ini adalah berupa satuan bahasa yaitu frasa klausa kalimat dan wacana yang menunjukkan persuasi dalam iklan artikel produk barang dan jasa yang terdapat dalam Rubrik Komunikasi Bisnis Harian Jawa Pos. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah human instrument. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah identifikasi data kodifikasi klasifikasi dan interpretasi. Triangulasi yang digunakan oleh peneliti adalah triangulasi data triangulasi teman sejawat dan triangulasi ahli. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam iklan artikel dalam Rubrik Komunikasi Bisnis dalam Harian Jawa Pos terdapat dua bentuk penggunaan persuasi yaitu persuasi dengan mendayagunakan bentuk-bentuk kalimat tertentu dan persuasi dengan mendayagunakan bentuk-bentuk gaya bahasa. Dalam iklan artikel dalam Rubrik Komunikasi Bisnis dalam Harian Jawa Pos terdapat dua bentuk penggunaan persuasi yaitu persuasi dengan mendayagunakan bentuk-bentuk kalimat dan persuasi dengan mendayagunakan bentuk-bentuk gaya bahasa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PIN Indonesian Literature |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Feb 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9773 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |