Pembelajaran tata bahasa bahasa Indonesia bagi mahasiswa asing tingkat pemula pada Program Bunga 2010 ISP MCE (sebuah kajian deskriptif pembelajaran BIPA) / Choirul As'ari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran tata bahasa bahasa Indonesia bagi mahasiswa asing tingkat pemula pada Program Bunga 2010 ISP MCE (sebuah kajian deskriptif pembelajaran BIPA) / Choirul As'ari

As'ari, Choirul (2011) Pembelajaran tata bahasa bahasa Indonesia bagi mahasiswa asing tingkat pemula pada Program Bunga 2010 ISP MCE (sebuah kajian deskriptif pembelajaran BIPA) / Choirul As'ari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran Tata Bahasa Pembelajaran Tata Bahasa Indonesia bagi mahasiswa asing tingkat pemula di program Bunga 2010 merupakan program pembelajaran Bahasa Indonesia bagi mahasiswa asing asal Jepang yang dilaksanakan selama 13 hari yang diselenggarakan oleh Indonesia Studies Program STIE Malang Kucecwara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui materi apa saja yang disajikan dalam program Bunga 2010 dan strategi apa yang digunakan dalam proses pembelajaran dengan metode deskriptif. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan dirancang dalam bentuk kualitatif deskripstif. Metode penggalian data yang digunakan adalah teknik wawancara pengamatan dan studi dokumentasi. Teknik analisa yang digunakan adalah reduksi data display data dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini materi pembelajaran yang digunakan adalah meliputi kata tanya kata ganti kalimat penolakan dan persetujuan angka jam kata sambung kata depan kata penghubung yang imbuhan me kalimat aktif dan pasif kalimat perbandingan imbuhan ber ber-an me me-i serta me-kan . Strategi pembelajaran yang diteliti meliputi pengajar bahan ajar metode dan teknik media dan evaluasi hasil pembelajaran. Ditemukan bahwa para pembelajaran dilakukan dengan sepenuhnya mengacu pada materi yang ada dan disajikan dengan metode pelatihan dan penjelasan. Media pembelajaran yang digunakan seperti ular tangga catur jantra dan running text. Evaluasi diadakan setiap akhir kegiatan pembelajaran dan secara umum pada tengah dan akhir masa program. Dari hasil penelitian ini saran-saran yang diajukan yaitu (1) Bagi ISP MCE dalam rangka meningkatkan kualitas penyelenggaraan program perlu melakukan penambahan waktu pembelajaran untuk materi imbuhan me-i dan me-kan penggunaan metode pembelajaran yang lebih variatif dalam pembelajaran dan perlu adanya kurikulum dan garis besar pembelajaran sebagai panduan bagi para pengajar. (2) Bagi Minor BIPA UM hendaknya melakukan pendampingan penyelenggaraan program kepada ISP MCE dan (3) Bagi peneliti lain untuk dapat mengembangkan penelitian ini dengan metode serta fokus penelitian yang lain sehingga dapat secara berkelanjutan berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan pengembangan kegiatan pembelajaran BIPA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PIN Indonesian Literature
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Mar 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9762

Actions (login required)

View Item View Item