Diksi dan teknik persuasi dalam iklan kesehatan di televisi oleh Riris Maulidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Diksi dan teknik persuasi dalam iklan kesehatan di televisi oleh Riris Maulidah

Maulidah, Riris (2010) Diksi dan teknik persuasi dalam iklan kesehatan di televisi oleh Riris Maulidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitiand enganjudul Diksi dan teknik persuasdi alam iklan kesehatand i televisim empunyabi ebeberapma asalahp enelitiany aitu (l) Bagaimanad eskipsi penggunaadni ksi dalam iklan kesehatand i televisi dan (2) Bagaimanad eskripsi penggunaatne knik persuasdi alami klan kesehatand i televisi.P enelitianin i bertujuan(l ) mendeskripasikapne nggunaadni ksi dalami klan kesehatadni televisi (2) mendeskripsikapne nggunaatenk nikp ersuasdia lami klank esehatadni televisi. Penelitianin i menggunakarna ncanganp enelitiank ualitatif Bahank ajian penelitiany angd igunakana dalahd iksi dant eknik persuasdi alami klan kesehatadni ielevisiD. alamp enelitianin i sumbedr atap enelitiana dalahta yangaink lank esehatan di televisis elamab ulanM ei 2004y angb eqiumlah2 2 buahi klan kesehatan. Dalamp enelitianin i teknik pengumpuladna tay angd igunakana dalah merekamik lan denganm enggunakatna per ecorderd ant abelp engumpuladna ta. Datap enelitianin i dianalisisd enganla ngkah( 1) mengidentifikasdi ata(2) mengklasifikasdi ata ( 3) menyimpulkand ata. Berdasarkaann alisisd ata h asilp enelitianin i dapatd isimpulkans ebagai berikutP. ertamaje nisd iksi umumy angd igunakaunn tukm engungkapkasuna tuk ata yangr uangl ingkupnyale bih luas u ntukm enyatakasnu perordinatD. iksi khusus digunakanu ntuk mengungkapkank ata yang ruangl ingkupnyal ebih sempit u nruk minyatakan hiponim. Diksi yang bermakna denotasi adalah diksi yang digunakan untuk mengunlkapkanm aknak ata yang sebenarnya tau maknay ang menunjuk langsungp idaicuaotrya. Diksi yang bermaknak onotasia dalahd iksi yang digunakan t f -inguogkapkan kata yang memiliki makna tambahan atau nilai rasa. Diksi asli adalahd iksi yangb erasadl ari bahsaI ndonesiaD. iksi serapana dalahd iksi yang diserap d4ri bahasa Inggris bahasa Arab bahasa Jawa dan Bahasa Sansekerta. Kedua t eknik pers asiy ang digunakand alam iklan kesehatanu ntuk mempersuaskio nsumena dalahs ebagabi erikut. Teknik ketidaksesuaianp erilaku (cognitived issonance)yaitut eknik yang menyatakanb ahwam anusias ering perilakunyat idak sesuaid enganp endapats ertas ikapnyas eringb ertentangand engan hati nuraninya sendiri. Teknik dengan hadiah ay offidea) yaitu mempersuasi konsumend enganm emberikanh adiah t eknik tanpah adiah( fear arousing)a dalah teknikm empersuaskio nsumenta npam emberih adiahm elainkanm enunjukkan keungguland engans edikit ancaman.T eknik perhatian( empatlry)a dalahc ara mempersuasdi enganm embentukp ribadi khayal oleh seoramgk omunikator seandainyia menjadik omunikanT. eknik membungku(sp ocking)a dalahc ara memp rsuaskio nsumend enganm enyajikanp esani klan dengans angatm enarik dan ngutr nu un sehinggati dak mudahd ilupakanT. eknik mengelak(r ed herring) adiah cara. petruasi lonsumend enganm enyajikanp esank omunikaski epada topik yangd ikehendakik omunikator.D an teknik menempel( assosrasiy) aitu cara mlmpersuaski onsumend enganm enggabungkaonb jeky angs edanga kluala tau menarik. Diksi yang paling menonjol adalah diksi asli karena iklannya mayoritas menggunakabna hasaI ndonesia.T eknik persuasyi ang pali banyakd igunakan Calamik lan kesehatana dalaht eknik fear arousing dantekitlkpac ting karenai klan yangb erhubungand engank esehatanb iasanyam empersuaski onsumen e1gan sedikit meriimbulkanr asat akut jika tidak mematuhii nformasi yang disajikan oleh iklan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PIN Indonesian Literature
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9752

Actions (login required)

View Item View Item