Mochammad Zainy (2010) Persuasi dalam brosur produk komputer / Mochammad Zainy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Dunia periklanan di Indonesia berkembang pesat seiring kemajuan teknologi maupun perkembangan lainnya.Iklan yang terletak di media massa daya persuasinya terletak pada bahasa. Persuasi merupakan salah satu bentuk komunikasi manusia untuk mempengaruhi orang lain dengan cara mengubah keyakinan nilai ataupun sikap orang lain tersebut. Iklan mempunyai daya persuasi yang tinggi. Daya persuasi tersebut dapat dikaji dari segi bahasa yang meliputi diksi dan gaya bahasa. Dalam penelitian ini masalah yang diangkat adalah kekhasan diksi gaya bahasa ungkapan dan teknik persuasi dalam brosur produk komputer. Sedangkan tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan diksi gaya bahasa ungkapan dan aspek-aspek persuasi yang terdapat dalam brosur produk komputer. Pembagian jenis iklan bermacam-macam tergantung sudut pandang yang digunakan untuk melihatnya. Bila dilihat dari segi fungsi dan tujuan sponsor iklan yang diteliti termasuk jenis iklan produk. Yang dimaksud iklan produk yaitu iklan yang menonjolkan manfaat suatu produk. Pada iklan produk yang ditemukan dalam brosur komputer terdapat banyak penggunaan diksi gaya bahasa ungkapan dan aspek-aspek persuasi yang diteliti dan dicermati lagi penggunaannya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata dan bukan angka-angka. Data penelitian ini berasal dari iklan yang terdapat dalam brosur produk komputer. Instrumen dalam penelitian ini adalah penulis sendiri. Data dikumpulkan dengan menggunakan kisi-kisi penjaring data berupa tabel. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis secara induktif. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa diksi dalam iklan brosur produk komputer meliputi 1) diksi dengan teknik gagasan (bujukan) dengan hadiah dan bujukan tanpa hadiah 2) diksi dengan teknik membungkus (packing) 3) diksi dengan teknik menempel. Gaya bahasa yang ditemukan meliputi 1) moral appeals (gaya bahasa erotis hiperbola sinekdoke) 2) emotional appeals (gaya bahasa asindeton polisindeton aliterasi simile) dan 3) rational appeals. Ungkapan yang ditemukan terdapat banyak ungkapan kepuasan atau luapan kegembiraan. Sedangkan teknik persuasi yang banyak dimunculkan meliputi 1) memerintah menggunakan produk secara langssung atau tidak langsung 2) memuji keunggulan produk (manfaat produk bagi pemakai produk) 3) menjelaskan kandungan produk 4) menghina produk lain 5) menegaskan nama produk. Peneliti menyarankan kepada para pembaca agar dapat memanfaatkan hasil penelitian ini yaitu menambah wawasan tentang iklan-iklan yang kini banyak beredar juga bagi para pengiklan calon konsumen guru bahasa Indonesia dan peneliti selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PIN Indonesian Literature |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Feb 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9732 |
Actions (login required)
View Item |