Astria Prameswari (2009) Efektivitas metode Sulaga (sugesti lagu gambar) dalam pembelajaran menulis deskripsi siswa kelas X SMAN 8 Malang / Astria Prameswari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Menciptakan pembelajaran yang nyaman dan menyenangkan bagi siswa merupakan hal penting dalam dunia pendidikan bangsa saat ini. Tidak terkecuali untuk pembelajaran menulis deskripsi yang juga sangat membutuhkan situasi pembelajaran yang nyaman dan menyenangkan. Berbagai media dan metode belajar menulis ditemukan untuk keberhasilan siswa dalam menulis. Metode SULAGA (Sugesti Lagu Gambar) adalah tawaran alternatif metode belajar menulis deskripsi dengan menggunakan teori sugesti teori lagu dan teori gambar. Metode ini menggunakan pemberian sugesti terlebih dahulu kepada siswa. Lalu diberikan tayangan berupa gambar-gambar yang sugestif dan diberikan lagu pengiring yang bertempo lambat. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu sebab alasan pertamanya adalah metode SULAGA ini belum pernah diujicobakan kepada pembelajaran menulis deskripsi sebelumnya. Kedua penelitian ini masih belum memenuhi syarat penelitian ekperimen yang sebenarnya. Penelitian ini menggunakan desain static group comparison yang membandingkan rata-rata antara kelas eksperimen yang diberi perlakuan berupa metode SULAGA dengan kelas kontrol yang tidak diberi metode SULAGA. Sampel yang digunakan adalah dua kelas di kelas X SMAN 8 Malang. Secara acak dipilihlah kelas kontrol yang diberi metode belajar ceramah dan kelas eksperimen yang diberi metode SULAGA. Penelitian ini dilakukan mulai Februari-Maret 2007. Hasil yang didapatkan adalah sesuai dengan masalah yang dirumuskan yakni efektivitas metode SULAGA terhadap aspek keruntutan isi tulisan aspek ketepatan dan kelengkapan aspek kebervariasian bahasa dan aspek kesesuaian ejaan dan tanda baca dengan Ejaan Yang Disempurnakan. Hasil dari kedua kelas tersebut akan digeneralisasikan untuk semua kelas X di SMAN 8 Malang. Berdasarkan hasil penelitian di atas disimpulkan bahwa metode SULAGA terbukti efektif untuk meningkatkan aspek keruntutan isi tulisan aspek ketepatan dan kelengkapan aspek kebervariasian bahasa dan aspek kesesuaian ejaan dan tanda baca dengan Ejaan Yang Disempurnakan. Simpulan tersebut berlaku untuk semua siswa kelas X SMAN Malang. Hasil yang terbatas itulah membuat peneliti berharap agar metode SULAGA ini dicoba kembali untuk kelas X di SMA lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PIN Indonesian Literature |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jun 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9724 |
Actions (login required)
View Item |