Pengaruh perceived usefulness terhadap loyalitas pengguna melalui kepuasan pada Grab Food dalam aplikasi Grab (studi pada mahasiswa Jurusan Manajemen FE UM angkatan 2017) / Muchammad Kautsar Maulana Habibi

Habibi, Muchammad Kautsar Maulana (2019) Pengaruh perceived usefulness terhadap loyalitas pengguna melalui kepuasan pada Grab Food dalam aplikasi Grab (studi pada mahasiswa Jurusan Manajemen FE UM angkatan 2017) / Muchammad Kautsar Maulana Habibi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Habibi, Muchammad Kautsar Maulana. 2019. Pengaruh Perceived Usefulness Terhadap Loyalitas Pengguna Melalui Kepuasan (Studi Pada Grab Food dalam Aplikasi Grab). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. H. Ludi Wishnu Wardhana, S.T., S.Pd., S.E, M.M. Kata Kunci: Perceived Usefulness, Kepuasan, Loyalitas Saat ini jasa transportasi online berbasis aplikasi semakin berkembang apalagi jasa transportasi online juga menambah layanan-layanan baru seperti jasa pengiriman barang dan makanan. Dengan adanya layanan jasa transportasi online tersebut sangat membantu masyarakat dalam kegiatan sehari-hari, khususnya dalam pemesanan makanan pada layanan di aplikasi transportasi online. Karena tidak semua rumah makan menyediakan layanan pengantaran makanan. Oleh karena itu, seseorang bisa memesan makanan dari restoran manapun dengan adanya layanan pengantaran yang disediakan oleh dan Grab. Tujuan dalam penelitian ini antara lain untuk mengetahui: (1) Deskripsi dari perceived usefulness, kepuasan, dan loyalitas; (2) Besarnya pengaruh langsung perceived usefulness terhadap kepuasan; (3) Besarnya pengaruh langsung kepuasan terhadap loyalitas; (4) Besarnya pengaruh langsung dan tidak langsung perceived usefulness terhadap loyalitas melalui kepuasan. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini adalah para mahasiswa S1 Manajemen 2017 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang yang menggunakan Grab Food dalam aplikasi Grab, yang memesan tranksaksi makanan lebih dari tiga kali, dan pernah menceritakan pengalamannya kepada driver lain, dengan jumlah populasi finite. Sampel yang didapatkan melalui rumus dalam penelitian ini sebanyak 134 responden. Sementara teknik analisis data yang digunakan menggunakan analisis jalur. Hasil uji analisis jalur menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan perceived usefulness terhadap kepuasan; (2) Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan kepuasan terhadap loyalitas ; (3) Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan perceived usefulness terhadap loyalitas (4) Terdapat pengaruh langsung dan tidak langsung positif dan signifikan perceived usefulness terhadap loyalitas melalui kepuasan. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan, disimpulkan bahwa tiap variabel memiliki pengaruh positif dan signifikan baik langsung dan tidak langsung. Adapun beberapa saran yaitu: (1) meningkatkan kualitas penggunaan sistem pada aplikasi dan menambah konten-konten menarik; (2) Pihak Grab disarankan membuat perjanjian kontrak langsung dengan para driver dan calon driver untuk bekerja lebih baik; (3) peneliti selanjutnya dapat menambah variabel atau aspek-aspek lain selain yang terdapat dalam penelitian ini, namun masih berkaitan dengan variabel yang ada di penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/97190

Actions (login required)

View Item View Item