Pengaruh pengelolaan modal kerja dan struktur modal terhadap kinerja keuangan (studi pada usaha mikro kecil dan menengah budidaya jamur tiram di Desa Bakung Kabupaten Blitar) / Dwi Nofal Sari Aji

Aji, Dwi Nofal Sari (2019) Pengaruh pengelolaan modal kerja dan struktur modal terhadap kinerja keuangan (studi pada usaha mikro kecil dan menengah budidaya jamur tiram di Desa Bakung Kabupaten Blitar) / Dwi Nofal Sari Aji. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aji, Dwi Nofal Sari. 2019. Pengaruh Pengelolaan Modal Kerja Dan Struktur Modal Terhadap Kinerja Keuangan (Studi Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Budidaya Jamur Tiram Di Desa Bakung Kabupaten Blitar). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Trisetia Wijijayanti, S.E., M.BA. Kata Kunci: pengelolaan modal kerja, struktur modal, Debt To Asset Ratio (DAR), kinerja keuangan, Return On Asset (ROA), UMKM. Perkembangan dan pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu penggerak utama perkembangan ekonomi dan telah banyak memberikan kontribusi bagi perekonomian nasional. Pada dasarnya setiap usaha memerlukan pengelolaan yang baik agar dapat berjalan dengan baik untuk mencapai tujuan usaha. Pengelolaan yang efektif dan efisien pada modal kerja dan struktur modal yang dimiliki perusahaan akan berdampak baik terhadap kinerja keuangan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengelolaan modal kerja dan struktur modal terhadap kinerja keuangan pada UMKM budidaya jamur tiram di Desa Bakung Kabupaten Blitar. Penelitian ini merupakan penelitian Asosiatif Kausalitas yang mana penelitian ini untuk menguji pengaruh antara variabel independen (X) yaitu pengelolaan modal kerja (X1), struktur modal (X2) dengan variabel dependen (Y) yaitu kinerja keuangan. Pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dan diperoleh sebanyak 4 UMKM. Data penelitian diperoleh melalui wawancara langsung guna memperoleh informasi keuangan UMKM dan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda Hasil penelitian ini menunjukkan tidak terdapat pengaruh antara variabel pengelolaan modal kerja (perputaran modal kerja) dengan variabel kinerja keuangan (ROA). Hal tersebut dikarenakan tidak adanya pemisahaan antara keuangan pribadi dan usaha membuat kas yang diperoleh dari hasil operasi usaha dapat digunakan terlebih dahulu untuk keperluan pribadi dan dapat mengganggu siklus perputaran modal kerja pada usaha. Hasil penelitian ini juga menunjukkan tidak terdapat pengaruh antara variabel struktur modal (DAR) dengan kinerja keuangan (ROA), karena tidak dipisahkannya keuangan usaha dan pribadi yang membuat tercampurnya keuangan usaha dan pribadi, dan dapat membuat penggunaan utang usaha tidak maksimal karena adanya potensi penggunaan pribadi. Sehingga ke depannya UMKM dapat melakukan pencatatan keuangan serta memisahkan keuangan pribadi dan usaha untuk dapat menjalankan kegiatan operasional usaha lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/97189

Actions (login required)

View Item View Item