Pengaruh television advertising terhadap brand loyalty melalui brand awareness pada konsumen Garnier Men di UKM olahraga Universitas Negeri Malang / Bintang Agung Prabowo

Prabowo, Bintang Agung (2020) Pengaruh television advertising terhadap brand loyalty melalui brand awareness pada konsumen Garnier Men di UKM olahraga Universitas Negeri Malang / Bintang Agung Prabowo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prabowo, Bintang Agung. 2019. Pengaruh Television Advertising Terhadap Brand Loyalty Melalui Brand Awareness Pada Konsumen Garnier Men di UKM Olahraga Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Titis Shinta Dhewi, S.P., M.M. Kata kunci: advertising, brand awareness, brand loyalty Menjaga kebersihan tubuh dan wajah saat ini juga menjadi perhatian kaum pria demi menjaga dan menunjang penampilan dirinya. Hal ini menjadi perhatian besar berbagai brand kosmetik untuk meluncurkan beragam produk khusus untuk pria, salah satunya adalah Garnier Men oleh L’Oreal. Menciptakan brand loyalty menjadi fokus utama industri tersebut, sehingga perlu menanamkan brand awareness kepada konsumen salah satunya melalui advertising. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Deskripsi variabel advertising, brand awareness dan brand loyalty; (2) Pengaruh langsung advertising terhadap brand loyalty; (3) Pengaruh langsung advertising terhadap brand awareness; (4) Pengaruh langsung brand awareness terhadap brand loyalty; (5) Pengaruh tidak langsung advertising terhadap brand loyalty melalui brand awareness pada kosumen Garnier Men. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis riset deskriptif dan eksplanatori. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner tertutup yang diproses pada uji validitas dan uji reliabilitas dengan hasil valid dan reliabel. Populasi penelitian ini adalah angota UKM olahraga di Universitas Negeri Malang (finite population). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling, berdasarkan kriteria: (1) Responden mengetahui merek Garnier Men melalui iklan televisi (2) Responden telah melakukan pembelian produk Garnier Men lebih dari 3 kali. Perhitungan sampel menggunakan rumus Slovin dengan jumlah 90 responden. Analisa yang digunakan adalah Path Analysis. Uji prasyarat melalui uji normalitas dengan hasil residual berdistribusi normal dan uji linearitas dengan hasil persamaan jalur linear. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisa deskriptif terhadap advertising dan brand awareness termasuk dalam kategori sangat tinggi, sedangkan brand loyalty termasuk dalam kategori tinggi. Hasil analisa jalur (path) menunjukkan bahwa (1) Advertising berpengaruh positif secara langsung terhadap brand loyalty; (2) Advertising berpengaruh positif secara langsung terhadap brand awareness; (3) Brand awareness berpengaruh positif secara langsung terhadap brand loyalty; dan (4) Advertising tidak berpengaruh secara tidak langsung terhadap brand loyalty melalui brand awareness pada konsumen Garnier Men. Garnier Men perlu bekerjasama dengan pihak yang dapat lebih dipercaya oleh publik dalam hal kampanye kebersihan pria, hal itu ditujukan agar reputasi terjaga dan advertising Garnier Men menjadi lebih dipercaya. Garnier Men terus melakukan kampanye akan pentingnya kebersihan badan dan wajah pria kepada publik, hal ini sebagai upaya untuk meningkatkan brand awareness dan membangun brand loyalty.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/97185

Actions (login required)

View Item View Item