Pengaruh investment opportunity set dan leverage terhadap kebijakan dividen (pada perusahaaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di bursa efek Indonesia tahun 2015-2018) / Dwi Eka Rahayu

Rahayu, Dwi Eka (2020) Pengaruh investment opportunity set dan leverage terhadap kebijakan dividen (pada perusahaaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di bursa efek Indonesia tahun 2015-2018) / Dwi Eka Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahayu, Dwi Eka. 2019. Pengaruh Investment Opportunity Set Dan Leverage Terhadap Kebijakan Dividen (Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2018). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Yuli Agustina, S.E., M.M. Kata Kunci: Investment Opportunity Set, Leverage, dan Kebijakan Dividen Kebijakan dividen merupakan keputusan untuk menentukan besarnya bagian keuntungan yang dibagikan kepada pemegang saham sebagai dividen dan bagian laba yang akan ditahan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh investment opportunity set dan leverage terhadap kebijakan dividen pada perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2018. Metode yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif untuk menekankan pada pengujian teori melalui pengukuran variabel-variabel penelitian dengan melakukan analisis data dengan prosedur statistik. Pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 11 perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) investment opportunity set tidak berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen yang diproksikan dengan DPR perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2018 dikarenakan perusahaan sudah lama beroperasi dan dana yang dimiliki untuk modal investasi sudah cukup besar tanpa harus mengurangi proporsi dividen dari pemegang saham; 2) leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen yang diproksikan dengan DPR perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2018 dikarenakan perusahaan menggunakan modal sendiri dibandingkan hutang dalam operasional perusahaan, sehingga perusahaan akan mengurangi hutang pada kegiatan usahanya. Penelitian selanjutnya sebaiknya menambah variabel yang diteliti seperti likuiditas dan profabilitas serta menambah rentang waktu dalam penelitiannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/97184

Actions (login required)

View Item View Item