Pengaruh e-wom terhadap minat beli melalui kepercayaan online pada pengguna marketplace Blibli.com / Chandra Rizky Rakhmawan

Rakhmawan, Chandra Rizky (2019) Pengaruh e-wom terhadap minat beli melalui kepercayaan online pada pengguna marketplace Blibli.com / Chandra Rizky Rakhmawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rakhmawan, Chandra Rizky. 2019. Pengaruh E-Wom Terhadap Minat Beli Melalui Kepercayaan Online Pada Pengguna Marketplace Blibli.com. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Moh. Hari., M.Si Kata Kunci: E-Wom, Minat Beli, Kepercayaan Online. Salah satu marketplace yang sedang berkembang pesat didunia e-commerce Indonesia adalah Blibli.com. Aplikasi ini merupakan tempat belanja online yang lebih fokus pada platform mobile. Cakupan pasar dari berbisnis melalui internet ini juga sangat luas karena dari masing-masing daerah dapat melihat iklan yang telah diunggah oleh siapa saja. Sehingga seseorang yang hanya sekedar melihat beberapa iklan yang sudah muncul dan iklan tersebut dirasa menarik dan dipercaya akan membuat minat beli seseorang terbentuk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana deskripsi E-Wom, minat beli, dan kepercayaan pada Blibli.com. Selain itu juga apakah terdapat pengaruh secara langsung dan signifikan E-Wom terhadap minat beli dan kepercayaan online. Kemudian apakah terdapat pengaruh secara langsung dan signifikan kepercayaan online terhadap minat beli pada Blibli.com. Serta apakah terdapat pengaruh tidak langsung E-Wom terhadap minat beli melalui kepercayaan pada Blibli.com. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna situs belanja online Blibli.com. Sampel dalam penelitian ini adalah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah calon konsumen Blibli.com yang belum pernah melakukan transaksi melalui Blili.com namun berminat untuk melakukan transaksi melalui Blibli.com yang berjumlah 152 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu teknik purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis jalur. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa E-Wom di Blibli.com dinilai baik oleh sebagian besar responden. Dalam hal ini responden mengakui bahwa komentar yang diberikan para konsumen di Blibli.com adalah benar dan dapat menjadi rujukan bagi konsumen lainnya. Selain itu E-Wom berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli dan kepercayaan online. Kemudian Kepercayaan Online berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli pada Blibli.com, dimana kepercayaan online berhasil menciptakan minat beli pada calon konsumennya serta E-Wom mempunyai pengaruh secara tidak langsung terhadap minat beli melalui kepercayaan online pada calon konsumen Blibli.com. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada pihak manajemen Blibli.com dapat memberikan himbauan pada konsumen agar dapat memberikan komentar yang sebenarnya, melakukan peningkatan dalam mengontrol dan memperbaiki cara penjualan, dan lebih memfokuskan pada keunggulan-keunggulan yang diberikan Blibli.com pada konsumennya. Saran bagi peneliti selanjutnya adalah agar melakukan pengembangan penelitian seberapa jauh pengaruh E-Wom terhadap minat beli memalui perceived risk atau pengaruh E-Wom terhadap loyalty melalui kepercayaan online. ABSTRACT Rakhmawan, Rizky Chandra. 2019. The Effect of E-Wom Against Purchase Intention Through Online Trust In Users Marketplace Blibli.com. Sarjana’s Thesis, Department of Management, Faculty of Economics, Universitas Negeri Malang. Advisor: Drs. Moh. Hari., M.Si Keywords: E-Wom, Purchase Intention, Online Trust. One of the marketplace that are growing rapidly in the world of e-commerce Indonesia is Blibli.com. This application is an online shopping place that is more focused on the mobile platform. Market coverage of doing business over the internet is also very widely because of each area can see the ads that have been uploaded by anyone. So someone who just saw a few ads that have already appeared, and the ad is considered attractive and believed to make someone buying interest is formed. The purpose of this study was to determine the how the descriptions of E-Wom, purchase intention and online trust in Blibli.com. In addition, whether there is a direct and significant influence E-Wom against purchase intention and online trust. Then if there is a direct and significant influence on the online trust against purchase intention in Blibli.com. As well as whether there is an indirect effect of E-Wom against purchase intention through a online trust in Blibli.com. The population in this study is the online shopping site Blibli.com.The sample in this research issamples used in this study is a prospective consumer Blibli.com who have never conduct transactions via Blibli.com but are interested in doing transactions through which amounted to 152 respondents Blibli.com.The sampling technique in this research is purposive sampling technique. The analysis technique used in this research is descriptive statistical analysis techniques and path analysis techniques. The results of this study concluded that E-Wom The Blibli.com rated excellent by most respondents. In this case the respondents admitted that the comments of the consumers in Blibli.com is true and can be a reference for other customers, other than that E-Wom positive and significant impact on purchase intention and online trust.Then Online Trust positive and significant impact on purchase intention in Blibli.com, which succeeded in creating online trust buying interest in prospective customers as well as E-Wom indirectly have an effect on purchase intention through online trust in prospective customers Blibli.com. Based on the research results suggested to the management Blibli.com can give the call for consumers to be able to provide the actual comments, made vast improvements in control and improve the way sales and focuses more on the advantages given to the consumer Blibli.com, Suggestions for further research areto conduct research how much influence the development of E-Wom against the perceived risk of purchase intention against or E-Wom influence on loyalty through online trust.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/97183

Actions (login required)

View Item View Item