Pengaruh e-service quality dan e-satisfaction terhadap repurchase intention (pada pelanggan aplikasi belanja online) / Arif Febriyanto

Febriyanto, Arif (2019) Pengaruh e-service quality dan e-satisfaction terhadap repurchase intention (pada pelanggan aplikasi belanja online) / Arif Febriyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Febriyanto, Arif. 2019. Pengaruh E-service Quality dan E-satisfaction Terhadap Repurchase intention. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Rachmad Hidayat, S.Pd, M.Pd Kata Kunci: e-service quality, e-satisfaction, repurchase intention, e-commerce Trend Belanja online yang dilakukan masyarakat kini telah memunculkan sebuah bisnis baru yaitu e-commerce. E-commerce yang ada di Indonesia kini semakin berkembang, persaingan antar aplikasi belanja online semakin ketat. Dalam bisnis e-commercce aplikasi belanja online seringkali kurang maksial dalam memberikan e-sevice quality dan e-satisfaction kepada pelanggannya sehingga, repurchase intention pelanggan ikut berkurang. Dari pernyataan tersebut, dilakukan penelitian untuk mengetahui seberapa besar pengaruh e-service quality dan e-satisfaction terhadap repurchase intention Populasi dalam penelitian ini adalah pengnjung forum jual beli KasKus yang menggunakan aplikasi belanja online, sedangkan sampelnya sebanyak 185 orang dengan metode sampling purposive. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dan explanatory research. Metode analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner melalui google form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) secara parsial terdapat pengaruh psotifi dan signifikan pada masing-masing variabel e-sevice quality dan e-satisfaction terhadap repurchase intention pelanggan aplikasi belanja online. (2) secara simultan terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama variabel e-service quality dan e-satisfaction terhadap repurchase intention aplikasi belanja online. (3) variabel bebas yang dominan memberikan pengaruh terhadap repurchase intention adalah e-satisfaction. Saran bagi perusahaan aplikasi belanja online harus bisa membuat pelanggan merasa aman selama bertransaksi di situs. Aspek yang menjadi pertimbangan pelanggan merasa ragu untuk berbelanja online adalah soal keamanan. Aplikasi belanja online wajib memberi jaminan data privasi pelanggan akan aman selama bertransaksi di situs. Bagi peneliti selanjutnya bisa menambah variabel brand loyalty, brand awareness, brand equity, dan brand association.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/97178

Actions (login required)

View Item View Item