Pengaruh current ratio, return on equity, debt to equity ratio, terhadap return saham pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017 / Endah Tri Rachmawati

Rachmawati, Endah Tri (2020) Pengaruh current ratio, return on equity, debt to equity ratio, terhadap return saham pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017 / Endah Tri Rachmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rachmawati, Endah Tri. 2019. Pengaruh Current Ratio, Return On Equity, Debt To Equity Ratio Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Manufaktur Sub-Sektor Makanan dan Minuman yang Listing di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Fadia Zen, S.E., M.M. Kata Kunci : Current Ratio, Return On Equity, Debt To Equity Ratio dan Return Saham Di Indonesia perusahaan makanan dan minuman berkembang pesat. Perkembangan perusahaan ini dapat dilihat pada Bursa Efek Indonesia. Pertumbuhan perusahaan makanan dan minuman ini setiap periode semakin bertambah, karena itu investasi di sektor makanan dan minuman tetap diminati. Pihak swasta atau pemerintah maupun masyarakat umum dapat ditawarkan dalam bentuk saham atau surat utang. Hal ini yang diharapkan oleh pemodal untuk mendapatkan deviden (pembagian laba). Kegiatan investasi inilah yang disebut dengan Return. Hal ini yang dipengaruhi oleh kinerja keuangan. Rasio keuangan yang digunakan untuk mengukur kinerja keuangan dalam penelitian ini adalah Current Ratio (CR), Return On Equity (ROE), Debt to Equity Ratio (DER). Oleh karena itu, dilakukanlah penelitian dengan tujuan untuk mengetahui Pengaruh Current Ratio, Return On Equity, Debt to Equity Ratio terhadap Return Saham pada Perusahaan Manufaktur Sub-sektor Makanan dan Minuman yang Listing di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi CR, ROE, DER, lalu ingin mengetahui pengaruh CR terhadap return saham, pengaruh ROE terhadap return saham, pengaruh DER terhadap return saham. Penelitian ini menggunakan penelitian secara asosiatif kausalitas, dengan menggunakan uji Analisis Regresi Linier Berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan dari perusahaan food and beverages yang listing di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2017 yang berjumlah 18 perusahaan. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 10 perusahaan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode Dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka kesimpulan dari hasil penelitian yaitu 1) Kondisi CR dan Return saham pada perusahaan manufaktur sub-sektor makanan dan minuman yang listing di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2017 mengalami kenaikan, sedangkan Kondisi ROE dan DER pada perusahaan manufaktur sub-sektor makanan dan minuman yang listing di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2017 mengalami penurunan 2) Current Ratio (CR) berpengaruh negatif signifikan terhadap return saham, sedangkan Return On Equity (ROE), Debt to Equity Ratio (DER) tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham yang listing di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2017, sehingga tidak dapat digunakan oleh para investor sebagai dasar informasi untuk melakukan investasi. Peneliti selanjutnya disarankan untuk meneliti perusahaan dari sektor lain dan juga menambah periode tahun yang diteliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/97175

Actions (login required)

View Item View Item