Analisis pengaruh struktur corporate governance terhadap financial distress pada perusahaan pertambangan batubara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2017 / Choisi Elgamalia Anwar

Anwar, Choisi Elgamalia (2019) Analisis pengaruh struktur corporate governance terhadap financial distress pada perusahaan pertambangan batubara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2017 / Choisi Elgamalia Anwar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anwar, C.E. 2019. Analisis Pengaruh Struktur Corporate Governance Terhadap Financial Distress pada Perusahaan Pertambangan Batubara yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2017. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: Yuli Agustina, S.Pd., S.E., M.M. Kata Kunci: corporate governance, financial distress, ukuran dewan komisaris, ukuran dewan direksi, struktur kepemilikan institusional, struktur kepemilikan manajerial, altman-z score, kondisi kesehatan perusahaan Financial Distress adalah kondisi kepailitan atau kesulitan keuangan yang diakibatkan ketidak mampuan perusahaan dalam membayar kewajibannya, hal ini terjadi sebelum perusahan mengalami bangkrut. Financial Distress dapat dijadikan sebagai pertanda bahwa perusahan akan mengalami kebangkrutan, sehingga perusahaan dapat memperbaiki kondisi keuangan segera sebelum benar-benar mengalami kebangkrutan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh mekanisme corporate governance terhadap financial distress. Mekanisme corporate governance dalam penelitian ini antara lain adalah ukuran dewan direksi, ukuran dewan komisaris, struktur kepemilikan Independen dan struktur kepemilikan manajerial. Penelitian ini menggunakan 16 sampel perusahaan yang terdiri dari 7 perusahaan yang mengalami financial distress, 5 perusahaan yang tidak mengalami financial distress dan 4 perusahaan yang mengalami kondisi rawan financial distress. Data diperoleh dengan menggunakan metode purposive sampling dari perusahaan pertambangan sub sektor pertambangan batubara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama tahun 2013-2017. Kriteria financial distress dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan Z-score pada model prediksi kesulitan keuangan Altman (1968). Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran dewan direksi berpengaruh positif terhadap financial distress, kepemilikan saham oleh manajerial berpengaruh negatif terhadap financial distress, sedangkan penelitian ini tidak berhasil membuktikan adanya pengaruh ukuran dewan komisaris dan kepemilikan saham oleh institusional terhadap financial distress.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/97173

Actions (login required)

View Item View Item