Analisis kinerja reksadana saham dengan metode risk-adjusted return periode tahun 2014-2018 / Linda Chandra Kusuma - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kinerja reksadana saham dengan metode risk-adjusted return periode tahun 2014-2018 / Linda Chandra Kusuma

Kusuma, Linda Chandra (2020) Analisis kinerja reksadana saham dengan metode risk-adjusted return periode tahun 2014-2018 / Linda Chandra Kusuma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kusuma Linda Chandra. 2019. Analisis Kinerja Reksadana Saham dengan Metode Risk-Adjusted Return Periode Tahun 2014-2018 Jurusan S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing Trisetia Wijijayanti S.E. M. BA. Kata kunci kinerja reksadana saham metode risk-adjusted return Reksadana saham adalah salah satu portofolio efek dikelola oleh Manajer Investasi dan berisi dengan paling tidak 80% aktiva saham dan sisanya dapat berupa aktiva lain. Evaluasi kinerja reksadana harus memperhatikan tingkat return dan risiko. Pengukuran yang melibatkan kedua faktor ini disebut risk-adjusted return. Dalam kurun waktu terakhir terjadi fluktuasi return reksadana saham cenderung bernilai negatif dibandingkan jenis reksadana yang lain dan BI rate sebagai aset bebas risiko sehingga hal ini menyebabkan risiko reksadana saham tinggi tetapi berbanding terbalik dengan peningkatan permintaan pada portofolio ini. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk (1) perkembangan return reksadana saham return pasar (IHSG) dan BI rate (2) perkembangan risiko total reksadana saham risiko sistematis reksadana saham dan risiko pasar (3) perkembangan kinerja reksadana saham dengan metode risk adjusted return dengan menggunakan penghitungan M2 dan Jensen s Alpha (4) perbedaan kinerja reksadana saham dengan M2 dan Jensen s Alpha dibandingkan dengan kinerja pasar (IHSG) dan (5) perbedaan konsistensi pengukuran M2 dan Jensen s Alpha pada reksadana saham. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif-kuantitatif dengan kausal komparatif dengan menggunakan data sekunder dan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan analisis deksriptif dan inferensial dengan uji Kruskal Wallis H dan Mann-Whitney U. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh lima hasil penelitian sebagai berikut (1) perkembangan return reksadana saham dan pasar cenderung mengalami fluktuasi berbeda dengan return BI rate yang cenderung stabil (2) risiko sistematis reksadana saham serjalan dengan risiko pasar dan risiko total reksadana melebihi dari pasar (3) rata-rata kinerja reksadana saham dengan metode pengukuran Jensen s Alpha lebih baik dari pada M2 (4) kinerja reksadana saham dengan penghitungan M2 dan Jensen s Alpha tidak lebih baik dari kinerja pasar (IHSG) dan (5) tidak terdapat perbedaan konsistensi antara pengukuran M2 dan Jensen s Alpha dalam menghasilkan hasil pengukuran kinerja reksadana saham. Berdasarkan temuan hasil penelitian dapat disarankan pelaku bisnis membeli reksadana saham yang return di atas pasar (IHSG) memilih reksadana saham yang memiliki manager investasi yang senantiasa memiliki strategi yang aktif pada perubahan kondisi pasar dan melakukan diversifikasi aset. Sedangkan saran bagi peneliti selanjutnya menggunakan semua metode pada risk-adjusted return sampel yang lebih besar dan periode waktu yang lebih panjang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/97171

Actions (login required)

View Item View Item