Pengaruh event marketing dan sales promotion terhadap brand awareness (studi pada event Go-Food festival di Malang City Point 2019) / Safirah Diana

Diana, Safirah (2020) Pengaruh event marketing dan sales promotion terhadap brand awareness (studi pada event Go-Food festival di Malang City Point 2019) / Safirah Diana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Diana, Safirah. 2019. Pengaruh Event Marketing Dan Sales Promotion Terhadap Brand Awareness (Studi Pada Event GO-FOOD Festival Di Malang City Point 2019 ). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Aniek Indrawati, S.Si., M.M Kata kunci: event marketing, sales promotion, brand awareness Bisnis start-up berkembang sangat pesat di Indonesia. Perkembangan tersebut tentu memicu persaingan yang ketat di antara para Enterpreuner. Menyikapi persaingan tersebut, perusahaan tentunya harus melakukan berbagai strategi untuk dapat bertahan dan terus berkembang demi menjadi market leader. Penerapan strategi event marketing dan sales promotion diharapkan akan memberikan peran yang kuat terhadap brand awareness. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Deskripsi event marketing, sales promotion, dan brand awareness yang dilakukan oleh GO-JEK dalam event GO-FOOD Festival di Malang City Point; (2) pengaruh variabel event marketing terhadap brand awareness pada event GO-FOOD Festival di Malang City Point; (3) pengaruh variabel sales promotion terhadap brand awareness pada event GO-FOOD Festival di Malang City Point. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis riset deskriptif dan eksplanatori. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner tertutup yang diproses dari uji validitas dan uji reliabilitas dengan hasil valid dan reliabel. Populasi pada penelitian ini adalah pengunjung GO-FOOD Festival Malang City Point, sehingga populasi pada penelitian ini adalah populasi tidak terhingga (infinite population). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Pursposive Sampling, berdasarkan kriteria: (1) Responden mengetahui tentang GO-FOOD Festival yang diselenggarakan di Malang City Point; (2) Responden telah mengunjungi GO-FOOD Festival lebih dari 2 kali; (3) Responden mengetahui aktivitas event marketing serta sales promotions di GO-FOOD Festival Malang City Point. Perhitungan sampel menggunakan rumus Daniel dan Terrel dengan jumlah 152 responden. Analisa yang digunakan adalah regresi linear berganda. Uji prasyarat melalui uji normalitas dengan hasil residual berdistribusi normal, uji multikolinearitas serta uji heterokedastisitas menyatakan bahwa data layak digunakan dalam penelitian. Hasil analisa deskriptif menunjukan event marketing, sales promotion serta brand awareness termasuk dalam kategori baik. Hasil analisa regresi linear berganda menunjukan bahwa (1)event marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand awareness; (2) sales promotion berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand awareness. Berdasarkan hasil penelitian ini, saran yang dapat diberikan peneliti sebaiknya GO-FOOD Festival harus mampu membuat rangkaian acara yang lebih memorable dan meningkatkan kreatifitas dan ide-ide menarik dalam merangkai kontes dan games. Selain itu juga melakukan evaluasi, perbaikan, dan peningkatan pada kegiatan event marketing dan sales promotion, agar mempunyai faktor pembeda yang kompetitif sehingga mampu membentuk brand awareness pada level top of mind dalam benak pelanggan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/97170

Actions (login required)

View Item View Item