Analisis penemuan kembali arsip dalam pelayanan intern pada Sub Bagian Tata Usaha di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang / Zanella Zeby Zerita

Zerita, Zanella Zeby (2020) Analisis penemuan kembali arsip dalam pelayanan intern pada Sub Bagian Tata Usaha di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang / Zanella Zeby Zerita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Abidin, Z.Z.Z.R.S. 2019 Analisis Penemuan Kembali Arsip dalam Pelayanan Intern Pada Sub Bagian Tata Usaha di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Advisor : Drs. Sarbini, M.Pd Kata Kunci : Penemuan Kembali Arsip, Pelayanan Intern Arsip-arsip yang sudah disimpan, seringkali dicari kembali untuk keperluan tertentu. Menemukan kembaIi arsip yang sudah disimpan menjadi rutinitas yang terjadi dalam kearsipan karena fungsi dari penataan arsip salah satunya adalah memudahkan arsiparis dalam menemukan kembali. Dimana cepat atau tidaknya penemuan arsip tersebut akan berpengaruh pada pelayanan intern yang dilakukan. Pelayanan Intern sendiri merupakan usaha melayani kebutuhan orang lain dengan memperoleh timbal balik yang dapat membantu masalah terkait dengan pemberian layanan yang diberikan dari dalam perusahaan kepada pihak-pihak lain yang masih ada dalam satu lingkup kantor. Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) mendiskripsikan bagaimana system penataan arsip pada sub bagian tata usaha di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang. (2) mengungkap bagaimana pelayanan intern pada sub bagian tata usaha di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang. (3) mengetahui apa saja kendala yang dihadapi dalam penemuan kembali arsip pada sub bagian tata usaha di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dimana metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif sehingga menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata. Kemudian dasar teoritisnya menggunakan pendekatan fenomenologis. Adapun hasil dari penelitian ini adalah : (1) sistem penataan arsip yang digunakan oleh Dispenduk Capil adalah system subjek/masalah. (2) pelayanan intern di tata usaha berkaitan dengan memenuhi kebutuhan arsip sub bagian lain, dan penemuan kembali arsip di Dispenduk Capil berada dalam kategori kurang cepat. (3) kendala yang dihadapi oleh Dispenduk Capil adalah tidak adanya lembar pinjam arsip sehingga proses pendistribusian surat tidak menggunakan tanda terima sehingga rawan terjadi hilangnya surat/dokumen. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar bagian tata usaha di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang dapat lebih teliti dalam mengendalikan arus arsip yang akan dipinjam oleh sub bagian lain yaitu dengan dibelakukannya kartu kendali sebagai alat pengendalian surat yang masuk dan keluar sehingga pendistribusian surat bisa lebih efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/97167

Actions (login required)

View Item View Item