Pengaruh perputaran modal kerja, leverage, dan likuiditas terhadap profitabilitas (studi pada perusahaan manufaktur yang listing di BEI tahun 2013-2017) / Alif Tedy Kurniawan

Kurniawan, Alif Tedy (2020) Pengaruh perputaran modal kerja, leverage, dan likuiditas terhadap profitabilitas (studi pada perusahaan manufaktur yang listing di BEI tahun 2013-2017) / Alif Tedy Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurniawan, Alif Tedy. 2019. Pengaruh Perputaran Modal Kerja, Leverage, Likuiditas Terhadap Profitabilitas (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di Bei Tahun 2013 – 2017). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Ely Siswanto, S.Sos., M.M Kata Kunci: Perputaran Modal Kerja, Leverage, Likuiditas, Perusahaan Manufaktur Sektor manufaktur merupakan sektor yang memiliki pertumbuhan aset, peertumbuhan modal serta peningkatan pendapatan yang paling tinggi dibanding sektor lain selama tahun 2017. Tetapi peningkatan itu tidak diiukuti oleh peningkatan profitabilitas selama lima tahun terkahir. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah mengidentifikasi adanya permasalahan tren rata – rata profitabilitas perusahaan manufaktur yang menurun selama lima tahun terkahir. Hal ini tentu saja memiliki perbedaan yang sangat jauh dengan tingkat pertumbuhan aset, pertumbuhan modal, dan juga peningkatan total pendapatan bersih yang berhasil diperoleh perusahaan manufaktur. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang listing di BEI tahun 2013 – 20117. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat 3 variabel yang mempengaruhi profitabilitas perusahaan manufaktur. Ketiga variabel tersebut adalah perputaran modal kerja, leverage, dan likuiditas. Penelitian ini menggunakan explanatory research yang memiliki maksud menjelaskan kedudukan variabel – variabel yang dileliti serta hubungan antara satu variabel dengan variabel yang lain. Sedangkan uji statsistik yang digunakan adalah uji regesi linear berganda dan uji hipotesis parsial. Hasil uji hipotesis parsial menunjukkan keseluruhan variabel berpengaruh signfikan terhadap profitabilitas perusahaan. Hal ini ditunjukkan dengan uji nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa seluruh variabel adalah signifikan. Ketiga varabel bebas dalam penelitian tersebut memiliki pengaruh yang berbeda – beda terhadap profotabilitas perusahaan manufaktur. Hasil uji regresi yang dilakukan menunjukkan hanya variabel leverage yang memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap profitabilitas perusahaan manufaktur. Variabel perputran modal kerja dan likuidits memiliki pengaruh yang positif signifikan terhdap profitabilitas. Dengan mengetahui ketiga variabel tersebut maka manajemen perusahaan dapat membuat kebijakan yang dapat meningkatkan profiitabilitas yakni dengan meningkatkan perputaran modal kerja dan likuiditas perusahaan. Serta menghindari kebijakan yang dapat menurunkan profitabilitas perusahaan yakni dengan tidak menaikkan utang perusahaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/97162

Actions (login required)

View Item View Item