Pengaruh brand image terhadap brand loyalty melalui brand trust pada pengguna sepeda motor Honda di dealer Galaxy Motor Kota Kediri / Andrea Septa Nugraha

Nugraha, Andrea Septa (2019) Pengaruh brand image terhadap brand loyalty melalui brand trust pada pengguna sepeda motor Honda di dealer Galaxy Motor Kota Kediri / Andrea Septa Nugraha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nugraha, Andrea Septa. 2019. Pengaruh Brand Image Terhadap Brand Loyalty Melalui Brand Trust. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Handri Dian Wahyudi, S.Pd., S.E., M.Sc. Kata Kunci: brand image, brand loyalty, brand trust. Sepeda motor merupakan alat transportasi yang populer dan efektif digunakan di Indonesia. Ada 5 produsen sepeda motor resmi beroperasi di Indonesia yaitu Honda, Suzuki, Yamaha, Kawasaki , dan TVS. Diantara 5 produsen sepeda motor tersebut, Honda adalah yang paling mendominasi pasar. Walaupun Honda sangat mendominasi pasar, ternyata masih terdapat kekurangan pada produknya. Brand image diduga adalah salah satu hal yang mempengaruhi penjualan Honda. Semakin kuat brand image, semakin kuat pula daya tariknya di mata konsumen untuk mengkonsumsi produk tersebut sehingga membentuk brand loyalty. Namun brand image yang ditanamkan oleh perusahaan kepada konsumen untuk membentuk brand loyalty tidak akan terbentuk tanpa adanya brand trust dari konsumen. Dari pernyataan tersebut, dilakukan penelitian untuk mengetahui seberapa besar pengaruh brand image terhadap brand loyalty melalui brand trust. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung dealer Galaxy Motor Kota Kediri, sedangkan sampelnya sebanyak 271 orang dengan convinience sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dan explanatory research. Metode analisis data menggunakan Analisis Jalur (Path). Pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner di dealer Galaxy Motor Kota Kediri. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa brand image masuk dalam kriteria citra baik, brand loyalty masuk dalam kriteria loyal, brand trust masuk dalam kriteria dapat dipercaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh secara langsung dari variabel brand image terhadap brand loyalty. Pada (2) terdapat pengaruh secara langsung dari variabel brand image terhadap brand trust. Kemudian (3) terdapat pengaruh secara langsung dari variabel brand trust terhadap brand loyalty. Lalu (4) brand trust bisa menjadi variabel mediasi yang baik atau sesuai bagi pengaruh variabel brand image terhadap brand loyalty. Saran bagi PT AHM sebagai ATPM Honda di Indonesia adalah melakukan evaluasi kembali produknya atau inovasi pada produk baru yang akan datang. Hal tersebut perlu dilakukan karena cukup banyak pengguna Honda yang kecewa pada produk sepeda motor Honda yang baru, mereka menganggap produk Honda yang lama lebih baik. Bagi peneliti selanjutnya, agar variabel bisa ditambah dengan brand equity.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/97158

Actions (login required)

View Item View Item