Pengaruh work family conflict terhadap kepuasan kerja melalui stres kerja karyawan Rumah Sakit Islam Unisma Malang / Putri Fitri Anggraeni

Anggraeni, Putri Fitri (2019) Pengaruh work family conflict terhadap kepuasan kerja melalui stres kerja karyawan Rumah Sakit Islam Unisma Malang / Putri Fitri Anggraeni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anggraeni, Putri Fitri. 2019. Pengaruh Work Family Conflict Terhadap Kepuasan Kerja Melalui Stres Kerja Karyawan RSI Unisma Malang. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Elfia Nora, S.E., M.Si. Kata kunci : work family conflict, kepuasan kerja, stres kerja. Adanya fenomena pergeseran komposisi keluarga, tipe keluarga di Indonesia tidak lagi single career family, namun juga terdapat pula dual career family dimana pria atau suami maupun wanita atau istri sama-sama bekerja yang dapat menimbulkan masalah yaitu tidak dapat menyeimbangkan antara pekerjaan dan keluarga sehingga terjadi work family conflict yang menimbulkan stres kerja sehingga pada akhirnya dapat menurunkan kepuasan kerja karyawan RSI Unisma Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kondisi work family conflict, stres kerja, dan kepuasan kerja (2) pengaruh work family conflict secara langsung terhadap stres kerja(3) pengaruh work family conflict secara langsung terhadap kepuasan kerja(4) pengaruh secara langsung stres kerja terhadap kepuasan kerja(5) pengaruh work family conflict secara tidak langsung terhadap kepuasan kerja melalui stres kerja karyawan RSI Unisma Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan RSI Unisma Malang dan jumlah sampel sebanyak 112 karyawan. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik Non Probability SamplingtipePurposive Samplingdengan kriteria karyawan status perkawinan sudah menikah, memiliki anak balita, dan status pekerjaan karyawan tetap. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa semua item telah valid karena nilai r hitung lebih besar dari nilai r tabel (0,361) dan uji reliabilitas menunjukkan bahwa semua variabel sudah reliabel karena memiliki nilai diatas 0,600. Untuk analisis data digunakan analisis jalur (Path Analysis). Hasil penelitian ini adalah (1) kondisi work family conflict, stres kerja, dan kepuasan kerja berada pada kategori cukup dan puas (2)work family conflictberpengaruh positif signifikan terhadap stres kerja (3) work family conflict berpengaruh negatif signifikan terhadap kepuasan kerja (4) stres kerja berpengaruh negatif signifikan terhadap kepuasan kerja (5) work family conflict secara tidak langsung berpengaruh negatif terhadap kepuasan kerja melalui stres kerja. Penulis menyarankan agarRSI Unisma Malangsebaiknyamenunjukkan keseriusannya dalam menangani masalah work family conflict yang dialami karyawan dengan mengadakan konseling berkala antara pihak manajemen dengan karyawan membahas berbagai kendala yang dihadapi selama ini agar tidak terjadi work family conflict dan stres kerja yang dapat menurunkan kepuasan kerja karyawan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/97157

Actions (login required)

View Item View Item