Pengaruh struktur aktiva terhadap kebijakan hutang dengan profitabilitas sebagai variabel intervening (studi pada perusahaan industri barang konsumsi yang listing di BEI periode 2014-2017) / Gilang Maulana Fatma Kusumah

Kusumah, Gilang Maulana Fatma (2019) Pengaruh struktur aktiva terhadap kebijakan hutang dengan profitabilitas sebagai variabel intervening (studi pada perusahaan industri barang konsumsi yang listing di BEI periode 2014-2017) / Gilang Maulana Fatma Kusumah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maulana Fatma K., Gilang. Agustus. 2019. Pengaruh Struktur Aktiva terhadap Kebijakan Hutang dengan Profitabilitas sebagai Variabel Intervening (Studi pada Perusahaan Industri Barang Konsumsi yang Listing di BEI Periode 2014-2017). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: Yuli Agustina, S.E., M.M. Kata Kunci: Struktur Aktiva, Profitabilitas, Kebijakan Hutang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kondisi Kebijakan Hutang, Struktur Aktiva dan Profitabilitas pada perusahaan industri barang konsumsi yang listing di BEI periode 2014-2017, (2) Pengaruh Struktur Aktiva terhadap Kebijakan Hutang, (3) Pengaruh Profitabilitas terhadap Kebijakan Hutang, (4) Pengaruh Struktur Aktiva terhadap Profitabilitas, (5) Profitabilitas sebagai variabel intervening antara pengaruh Struktur Aktiva terhadap Kebijakan Hutang. Indikator untuk mengukur kebijakan hutang menggunakan Debt to Equity Ratio (DER). Struktur Aktiva diukur menggunakan Fixed Asset Ratio (FAR), dan Profitabilitas diukur menggunakan Return On Asset (ROA). Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sehingga diperoleh 32 perusahaan industri barang konsumsi yang listing di BEI periode 2014-2017. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitan ini adalah analisis jalur (path). Hasil penelitian menunjukkan (1) Kondisi tren yang meningkat pada variabel kebijakan hutang, tren yang stabil pada struktur aktiva, dan tren yang menurun pada profitabilitas, (2) FAR berpengaruh positif signifikan terhadap DER. Artinya, kenaikan FAR perusahaan akan meningkatkan DER perusahaan, (3) ROA berpengaruh negatif signifikan terhadap DER. Artinya, penurunan ROA akan meningkatkan DER perusahaan, (4) FAR berpengaruh negatif signifikan terhadap ROA. Artinya, kenaikan FAR justru akan menurunkan ROA perusahaan, (5) FAR berpengaruh positif signifikan terhadap DER melalui ROA. Namun, pengaruh langsung antara FAR terhadap DER lebih besar daripada pengaruhnya secara tidak langsung melalui ROA. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti selanjutnya diharapkan dapat menambahkan variabel lain seperti nilai perusahaan, growth, ukuran perusahaan, dan macam-macam rasio yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/97156

Actions (login required)

View Item View Item