Pengaruh lingkungan kerja fisik dan jaminan sosial terhadap produktivitas kerja karyawan bagian produksi PT. Samudera Gemilang Plastindo Jombang / Dimas Reza Erlangga

Erlangga, Dimas Reza (2019) Pengaruh lingkungan kerja fisik dan jaminan sosial terhadap produktivitas kerja karyawan bagian produksi PT. Samudera Gemilang Plastindo Jombang / Dimas Reza Erlangga. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Erlangga, Dimas Reza. 2019. Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik dan Jaminan Sosial Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Bagian Produksi PT. Samudera Gemilang Plastindo Jombang. Skripsi. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Elfia Nora, S.E., M.Si Kata Kunci: Lingkungan Kerja Fisik, Jaminan Sosial, Produktivitas Kerja Dalam menjaga kualitas dan kuantitas produk yang dihasilkan, perusahaan harus memperhatikan kendala-kendala yang berhubungan dengan produktivitas kerja karyawan agar kualitas dan kuantitas produknya dapat terus meningkat dan tidak menurun. Salah satu faktor penting yang harus diperhatikan perusahaan dalam upaya meningkatkan produktivitas kerja adalah kenyamanan lingkungan kerja. Lingkungan kerja yang nyaman dapat memberikan rasa aman dan memungkinkan karyawan untuk dapat bekerja optimal. Selain itu, pemberian jaminan sosial juga merupakan salah satu faktor yang sangat penting untuk meningkatkan produktivitas kerja. Seorang karyawan akan lebih produktif manakala ia merasa kebutuhannya sudah sangat terpenuhi salah satunya adanya perlindungan terhadap dirinya yaitu seperti pelaksanaan program jaminan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah kondisi lingkungan kerja fisik, jaminan sosial, dan produktivitas kerja karyawan bagian Produksi PT. Samudera Gemilang Plastindo Jombang (2) untuk mengetahui apakah lingkungan kerja fisik berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan bagian Produksi PT. Samudera Gemilang Plastindo Jombang (3) untuk mengetahui apakah jaminan sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan bagian Produksi PT. Samudera Gemilang Plastindo Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan bagian produksi PT. Samudera Gemilang Plastindo Jombang yang berjumlah 141 karyawan dengan sampel 104 karyawan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket/kuesioner. Hasil analisis data telah membuktikan bahwa (1) lingkungan kerja fisik berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja dan (2) jaminan sosial kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja. Hasil analisis menujukan bahwa jaminan sosial lebih berpengaruh terhadap produktivitas kerja. Saran yang dapat diberikan untuk perusahaan terkait dengan permasalahan yang dibahas adalah agar lebih meningkatkan kualitas lingkungan kerja fisik disekitar perusahaan serta memberikan jaminan sosial yang lebih baik, namun disarankan agar lebih memfokuskan untuk meningkatkan jaminan sosial karena jaminan sosial mempunya pengaruh lebih besar terhadap produktivitas sehingga usaha peningkatan produktivitas karyawan lebih efisien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/97144

Actions (login required)

View Item View Item