Pengaruh spiritualitas di tempat kerja terhadap intensi turnover pada perawat Rumah Sakit Islam Gondanglegi / Ragil Miladia Muhammad

Muhammad, Ragil Miladia (2019) Pengaruh spiritualitas di tempat kerja terhadap intensi turnover pada perawat Rumah Sakit Islam Gondanglegi / Ragil Miladia Muhammad. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Muhammad, Ragil Miladia. 2019. Pengaruh Spiritualitas dI Tempat Kerja Terhadap Intensi Turnover pada Perawat Rumah Sakit Islam Gondanglegi Kabupaten Malang Jawa Timur. Skripsi Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing Lohana Juariyah. S.E, M.Si. Kata kunci: spiritualitas di tempat kerja, intensi turnover Masalah dalam organisasi yang sering terjadi adalah masalah turnover, termasuk di rumah sakit. Angka turnover perawat di Indonesia mencapai 27,3% pertahunnya. Solusi terhadap masalah ini sangat dibutuhkan, salah satunya dengan meningkatkan kecerdasan spiritualitas melalui pembentukan spiritualitas di tempat kerja. Spiritualitas di tempat kerja yang baik dapat meningkatkan produktivitas dan komitmen organisasional, serta menurunkan tingkat absensi dan turnover. Tujuan penelitian untuk mengetahui kondisi spiritualitas di tempat kerja dan intensi turnover perawat di Rumah Sakit Islam Gondanglegi (RSIG) dan pengaruh spiritualitas di tempat kerja terhadap intensi turnover. Penelitian menggunakan desain kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi yang digunakan adalah seluruh perawat RSIG berjumlah 117 perawat. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proportionate Random Sampling dan didapatkan jumlah sampel 92 perawat. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Data selanjutnya dianalisis dengan menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kondisi spiritualitas di tempat kerja di RSIG adalah tinggi dengan nilai rata-rata variabel 4,08, dengan intensi turnover yang rendah dengan nilai rata-rata variabel 1,95. Hasil model pengukuran didapatkan nilai loading factor paling besar pada variabel spiritualitas di tempat kerja adalah indikator meaning work (X1.2) sebesar 0.873 dan pada variabel intensi turnover adalah keinginan mencari pekerjaan baru (Y2) sebesar 0.955. Hasil model struktural variabel didapatkan t-statistic sebesar 8.927 dengan direct coefficients sebesar -0,423. Spiritualitas di tempat kerja berpengaruh terhadap intensi turnover. Semakin tinggi spiritualitas di tempat kerja, semakin rendah intensi turnover perawat di RSIG. Saran yang diberikan berupa pendekatan organisasional untuk memperkuat spiritualitas di tempat kerja, dengan cara: (1) mengenalkan visi misi rumah sakit yang memuat nilai-nilai spiritualitas secara berkesinambungan di setiap kegiatan rumah sakit, (2) pemberian tanggung jawab dan otonomi pada karyawan dalam pengambilan keputusan, (3) memberikan penghargaan kepada karyawan dengan mengembangkan bakat dan ketrampilannya, (4) memberikan fasilitasi tanggung jawab karyawan terhadap keluarga dan kewajiban sosialnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/97143

Actions (login required)

View Item View Item