Pengaruh electronic word of mouth terhadap minat beli melalui citra merek smartphone Xiaomi di Indonesia / M. Harun Din

Din, M. Harun (2019) Pengaruh electronic word of mouth terhadap minat beli melalui citra merek smartphone Xiaomi di Indonesia / M. Harun Din. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Din, M.H. 2019. Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Minat Beli melalui Citra Merek Smartphone Xiaomi Di Indonesia. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Handri Dian Wahyudi, S.Pd., S.E., M.Sc. Kata Kunci: Minat Beli, Electronic Word of Mouth, dan Citra Merek Dalam memperoleh informasi mengenai suatu produk, konsumen tidak lagi terbatas pada informasi dari produsen. Namun informasi dapat diperoleh dari konsumen lainnya secara personal yang dinamakan word of mouth. Seiring berkembangnya teknologi internet, komunikasi word of mouth tidak hanya dilakukan secara personal tetapi dapat dilakukan dengan jangkauan lebih luas yang disebut electronic word of mouth (e-WOM). Konsep dari e-WOM berupa opini pada suatu produk atau perusahaan yang diutarakan secara aktual oleh konsumen melalui media sosial yang dapat berupa ulasan positif maupun negatif, sehingga pandangan calon konsumen dapat terpengaruhi terhadap Citra Merek dan dampaknya terhadap Minat Beli produk tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh e-WOM terhadap Minat Beli melalui Citra Merek smartphone Xiaomi di Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian deskriptif dan eksplanatori. Variabel endogen dalam penelitian ini adalah Minat Beli (Y) dan variabel eksogen adalah e-WOM (X), sedangkan variabel perantara adalah Citra Merek (Z). Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Indonesia yang mengetahui smartphone Xiaomi. Sampel sebesar 150 orang yang dihitung menggunakan rumus Hair. Teknik sampling yang digunakan merupakan teknik purpossive sampling. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah Skala Likert dengan 5 pilihan jawaban yaitu Sangat Tidak Setuju, Tidak Setuju, Cukup Setuju, Setuju, dan Sangat Setuju. Uji kelayakan instrument menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknis analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis jalur (Path). Hasil analisis deskriptif dalam penelitian ini menunjukkan bahwa (1) e-WOM diklasifikasikan tinggi; (2) Citra Merek diklasifikasikan tinggi; (3) Minat Beli diklasifikasikan tinggi. Hasil uji analisis jalur menunjukkan: (1) e-WOM berpengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap Minat Beli smartphone Xiaomi; (2) e-WOM berpengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap Citra Merek smartphone Xiaomi; (3) Citra Merek berpengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap Minat Beli; dan (4) e-WOM berpengaruh positif dan signifikan secara tidak langsung terhadap Minat Beli melalui Citra Merek Smartphone Xiaomi. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti dapat memberikan saran yaitu: (1) Bagi Perusahaan Xiaomi hendaknya melakukan berbagai upaya atau program yang dapat meningkatkan minat pembelian seperti promosi yang menarik, serta melakukan inovasi yang bisa lebih unggul dari pesaing sehingga berdampak pada Citra Merek dan meningkatkan e-WOM. (2) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat memperluas objek penelitian dan bisa mengembangkan penelitian ini dengan menyusun jenis variabel lain yang lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/97135

Actions (login required)

View Item View Item